alexametrics

BPOM dan Dinkes Bentuk Satgas Cegah Obat dan Makanan Tak Berizin

Rame Pil PCC
8 Desember 2017, 01:50:41 WIB

JawaPos.com – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Semarang dan Dinas Kesehatan Jawa Tengah membentuk Satgas Pemberantasan Obat dan Makanan Ilegal, Kamis (7/12).

Kepala BPOM Semarang, Endang Pudjiati mengatakan, pembentukan tim bertujuan untuk mencegah tersebar luasnya obat-obatan maupun produk pangan tak berizin.

“Jadi tadi dari anggota satgas itu juga ada masukan siap untuk melakukan edukasi informasi untuk masyarakat, baik itu melalui dinas kesehatan, Satpol PP, untuk aparat-aparat di desa-desa akan pencegahan peredaran maupun pengonsumsian obat dan makanan di luar izin,” ujar Endang, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/12).

Menurutnya, langkah ini merupakan upaya perpanjangan tangan yang dilakukannya bersama Dinas Kesehatan dalam menjangkau masyarakat terkecil. Dirinya pun mencontohkan program dasa wisma dari perkumpulan ibu-ibu PKK yang diharapkan bisa memberikan edukasi akan bahaya produk tak berizin di tiap keluarga masing-masing.

“Kami di bidang penindakan, pengawasan dan penegakan hukum kami siap berkolaborasi. Jadi, dengan adanya edukasi ini di tingkat RT/RW juga ada kewaspadaan tentang sarana produksi maupun peredarannya,” paparnya.

Endang pun tak menampik, pembentukan satgas ini juga terkait dengan kasus pabrik pil pil PCC (Paracetamol Caffein Carisoprodol) yang diungkap Badan Narkotika Nasional (BNN) di Semarang dan Solo pada hari Minggu (3/12). Meski demikian, Ia mengungkapkan bahwa dari hasil pengawasan yang dilakukan pihaknya, ia belum menerima laporan beredarnya obat tak berizin itu di Jawa Tengah.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengungkapkan partisipasi semua pihak agar upaya ini dapat berjalan dengan optimal. “Saya kira dengan Satgas ini kita perkuat, karena satgas ini tidak hanya di tingkat provinsi, tetapi juga di tingkat Kabupaten Kota, dimana anggota Satgas ini lintas sektor, jadi semua terlibat.” kata dia.

Editor : admin

Reporter : (gul/JPC)



Close Ads
BPOM dan Dinkes Bentuk Satgas Cegah Obat dan Makanan Tak Berizin