Laka Beruntun di Kota Tegal, Tol Brexit Macet

08/09/2018, 16:29 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
ILUSTRASI: Sebuah kecelakaan yang melibatkan sejumlah kendaraan terjadi di Jalan Raya Pantura Tegal-Brebes, Kaligangsa, Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (8/9) siang. (Sachril Agustin/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Sebuah kecelakaan yang melibatkan sejumlah kendaraan terjadi di Jalan Raya Pantura Tegal-Brebes, Kaligangsa, Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah Sabtu (8/9) siang. Akibatnya, kemacetan dilaporkan sempat terjadi di ruas jalur pintu keluar tol Brebes Timur atau Brexit.

Kecelakaan yang terjadi sekitar jelang pukul 12.00 WIB, atau tepatnya di depan SD Negeri Kaligangsa 1 itu diketahui melibatkan tiga unit kendaraan. Antara lain: mobil Toyota Calya putih nopol B 2811 TOK, kemudian truk bernopol B 9268 BXS, dan Bus Dedy Jaya G 1632 FR.

Menurut saksi di lokasi, kecelakaan terjadi saat pengemudi mobil Calya mengarahkan kendaraannya keluar dari Gang RT 6 RW 3, Kaligangsa ke jalan utama. Saat mobil tersebut telah masuk ke jalan utama di lajur kiri, truk bernopol B 9268 BXS datang dan melaju pelan di belakangnya.

Tak berselang lama, tiba-tiba Bus Dedy Jaya dari arah belakang dua kendaraan tadi datang dengan kecepatan tinggi. "Yang saya lihat, busnya sedang melaju keras dan tiba-tiba menabrak dua kendaraan di depannya. Bus pun akhirnya menabrak juga tembok rumah warga yang dekat dengan gang," ujar saksi bernama Kanisam, 51, warga RT 6 RW 3 Kaligangsa.

"Alhamdullilah tidak ada korban tewas. Cuman luka-luka saja," sambung Kasinam yang mengaku hanya melihat ada sedikit penumpang dalam bus.

Meski tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, jalur dari barat ke timur sempat tertutup selama sekitar satu jam lebih karena adanya proses evakuasi tiga kendaraan tadi. Situasi serupa juga terjadi di jalur sebaliknya sehingga menyebabkan kemacetan yang lumayan panjang di ruas tol Brexit.

Sementara Kasatlantas Brebes AKP M. Rikha Zulkarnain membenarkan adanya kemacetan di ruas tol Brexit itu. "Ya karena ada kecelakaan di Tegal Kota yang di Brebes ke arah barat itu macet semua," jelasnya saat dihubungi.

Ditanya seberapa panjang antrean kendaraan yang ada sebagai dampak dari adanya kecelakaan ini, Rikha tak menjawab dan menyebut bahwa kemacetan sudah mulai terurai seiring berjalannya waktu. "Kita kan ngikutin rekayasa (lalu lintas) Tegal Kota itu gantian. Jadinya jalan pelan-pelan sembari evakuasi (kendaraan)," cetusnya.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi