JawaPos Radar

ITC Permata Hijau Di Lalap Si Jago Merah, Kerugian Capai Ratusan Juta

08/09/2018, 08:33 WIB | Editor: Erna Martiyanti
ITC Permata Hijau Di Lalap Si Jago Merah, Kerugian Capai Ratusan Juta
Ruko ITC Permata Hijau dilalap si jago merah, Jumat (7/9) malam. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Kerugian akibat kebakaran yang melanda kawasan ruko ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan pada Jumat (7/9) malam diperkirakan mencapai Rp 150 juta. Api melalap satu ruko milik klinik kecantikan, ZAP.

Perwira Piket, Kasi sektor II Kecamatan Kebayoran Baru Sudin Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan Jakarta Selatan Sartono mengatakan api membakar bagian gudang ruko. Objek yang terbakar berukuran berukuran 6x6 meter persegi.

"Kerugiannya diperkikrakan mencapai Rp 150 juta, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini," kata Sartono, saat dihubungi, Sabtu (8/9).

Ada 13 unit mobil pemadam dikerahkan untuk menjinakkan api, dengan jumlah personil 50 orang. Ruko empat lantai itu dijilat si jago merah sekitar pukul 23.00 WIB. "Petugas kami datang pukul 23.15 WIB dan api dapat dipadamkan pukul 00.25 WIB," tambah dia.

Sebelumnya, Kepala Sektor II Damkar Jaksel Sahartono mengatakan dalam menjinakan api petugas mengalami kendala. Tidak ada ventilasi yang cukup di sekitar objek yang terbakar. Saat dipadamkan, asap api mantul dan kembali ke titik kebakaran.

Denah ruko berada di dekat pintu masuk motor dan mobil yang menuju ITC. Sekitar 10 meter sisi selatan ruko terdapat NAV Karaoke Keluarga. Kemudian 15 meter sisi utara berdekatan dengan lokasi parkir outdoor untuk motor.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Semua aman. Termasuk barang-barang milik ZAP. Lantai pertama, kata dia, digunakan untuk menerima tamu dan ruang tunggu. Lalu naik ke lantai dua dan tiga terdapat ruang tindakan bagi pasien, kemudian di lantai empat difungskan untuk gudang. "Titik kebakaran ada di lantai empat itu," tambahnya.

Hasil hipotesis dari tim damkar, penyebab amukan si jago merah adalah korselting listrik. Ada tanda-tanda korsleting listrik, sambungnya. "Cuma nanti yang bisa memberikan kejelasan lebih lanjut ya pihak kepolisian," sambung Sahartono.

Untuk menjinakkan amukan api, menurutnya, tim membutuhkan air lebih dari 50 liter kubik. Untungnya, sambung dia, cadangan air yang dimiliki ITC Permata Hijau cukup. "Tadi kami mengambil dari pasokan air di kawasan sini (ITC, red)," papar dia.

(dik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up