JawaPos Radar

Tanpa Bawa Surat, Bayar Pajak Kian Mudah di Bank Jatim

08/08/2018, 07:01 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Tanpa Bawa Surat, Bayar Pajak Kian Mudah di Bank Jatim
Masyarakat saat mengantri pembayaran Pajak Bumi & Bangunan (PBB) melalui Bank Jatim. (Fiska Tanjung/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perkotaan kini bakal semakin mudah. Untuk memenuhi kewajiban perpajakan, warga Kota Malang bisa memanfaatkan sistem host to host melalui layanan perbankan yang ditawarkan Bank Jatim.

Melalui sistem host to host, warga Kota Malang dapat melakukan pembayaran meski tanpa membawa Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB.

Penyelia Pelayanan Nasabah Bank Jatim Malang, Dwiana Sulistyaningrum mengatakan, transaksi sistem host to host cukup mudah. Yakni, hanya dengan meng-entry Nomor Objek Pajak (NOP), maka akan muncul data WP bersangkutan. Transaksi pembayaran pun bisa dilakukan saat itu juga.

Dengan sistem online yang terintegrasi e-Channel, lanjut dia, transaksi bisa dilakukan melalui aplikasi m-Banking, SMS Banking maupun transaksi langsung di mesin ATM Bank Jatim.

“Begitu masuk di aplikasi, WP langsung saja menginput data NOP dan masa pajak yang akan dibayarkan. Jika transaksi berhasil, maka akan muncul kode pengesahan untuk disimpan,” terang wanita yang akrab disapa Nana ini.

Dia menerangkan, kode pengesahan ini diperlukan bagi WP yang ingin mencetak salinan SPPT atau meminta bukti lunas pembayaran PBB di Bank Jatim maupun Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D). Sementara itu, masyarakat yang ingin meminta salinan SPPT PBB masih tetap dilayani seperti biasa pada jam kerja.

“Sementara bagi WP yang memanfaatkan layanan ini namun melakukan pembayaran dari rekening bank lain, dimohon melakukan konfirmasi lebih dulu ke pihak Bank Jatim,” sambung Nana.

Berdasarkan data yang telah dihimpun BP2D Kota Malang, hingga 31 Juli 2018, dari sektor PBB Perkotaan yang dibebani target sebesar Rp 57 Miliar, telah masuk penerimaan senilai Rp 50 Miliar. Artinya, prosentase capaian dari target telah menyentuh 88 persen.

Meskipun begitu, Kepala BP2D Kota Malang, Ade Herawanto menegaskan, pihaknya tetap aktif menggalakkan sistem jemput bola dalam menerapkan pelayanan prima kepada masyarakat, termasuk mengoptimalkan sistem host to host dengan Bank Jatim.

Alumni Universitas Gadjah Mada ini berharap, para WP dapat memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin dengan adanya layanan dan fasilitas yang kian mudah dalam jangkauan.

“Apalagi proses pembayaran cukup mudah. Cukup via transfer atau datang langsung ke cabang-cabang Bank Jatim di wilayah kelurahan dan kecamatan. Selain itu juga bisa ke tempat-tempat pembayaran Bank Jatim terdekat,” ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Bank Jatim Malang, Elfarid mengatakan, sinergi antara Bank Jatim dan BP2D semata untuk memberi pelayanan perbankan terbaik bagi warga Kota Malang.

"Dengan begini pelayanan semakin efektif sekaligus aplikatif. Ini sekaligus mempercepat proses pembayaran PBB Perkotaan, kapanpun dan dimanapun WP berada,” pungkasnya.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up