Upaya MAB Gaet Donatur Asal Singapura

Kemas Idul Adha Menjadi Wisata Religi

08/08/2018, 18:05 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Suasana di sekitaran Masjid Agung Batam. (Bobi Bani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Masjid Agung Batam (MAB) banyak mendapatkan hewan kurban setiap Idul Adha. Baik sapi maupun kambing. Penyumbang hewan kurban tidak hanya warga Batam. Ada pula donatur hewan kurban yang berasal dari Singapura.

"Sampai saat ini sudah ada sekitar 20 donatur yang menyatakan akan ikut (menyumbang hewan kurban)," kata Ketua panitia Qurban MAB 2018 Syarifiddin ketika ditemui di MAB, Rabu (8/8).

Hadirnya para donatur tidak hanya disebabkan adanya pembatasan hewan kurban di Singapura. Pihak MAB sendiri melakukan upaya-upaya untuk menghadirkan donatur. Salah satunya dengan menjemput donatur melalui jaringan jasa travel.

Hewan kurban di lapak milik Surya di kawasan Kecamatan Batu Ampar, Batam. (Bobi Bani/JawaPos.com)

Cara tersebut dirasa efektif karena bisa menjangkau cukup banyak donatur. Terlebih dengan disandingkannya kegiatan amal dalam bentuk kurban dengan pariwisata dari agen travel, cukup memberikan nuansa berbeda bagi donatur. "Ini menjadi bentuk wisata religi buat mereka (masyarakat Singapura)," ujar Syarifuddin lagi.

Pada Idul Adha tahun ini, MAB menyiapkan sekitar 200 ekor kambing dan 30 ekor sapi. Jumlah ini masih memungkinkan bertambah arena ada beberapa donatur yang membawa hewan kurban ke MAB.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi