JawaPos Radar

Belasan Berkas Bacaleg di Jogja Tak Penuhi Syarat

08/08/2018, 19:05 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pileg 2019
PEMILU: Penyampaian hasil verifikasi berkas bacaleg di KPU DIJ pada Rabu (8/8). (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Sebanyak 14 berkas bakal calon legislatif (bacaleg) yang diajukan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Mereka pun diberi kesempatan untuk mengajukan sengketa ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) jika masih ingin memperbaiki.

Ketua KPU DIJ, Hamdan Kurniawan mengatakan, awal pengajuan berkas bacaleg untuk Pemilu 2019 nanti ada 597. Kemudian mengerucut menjadi 589. "Dari jumlah itu setelah diminta untuk perbaikan masih ada 14 berkas yang tidak memenuhi syarat," katanya, Rabu (8/8).

Mereka diantaranya dari Partai Gerindra 1 orang, Golkar 2 orang, 5 orang dari Nasdem. Kemudian dari Partai Garuda 2 orang, 1 orang dari Perindo, 1 dari PPP, Partai Hanura1 orang, dan PBB 1 orang.
Berkasnya ada yang tak melampirkan surat keterangan dari Pengadilan Negeri (PN) bagi yang pernah menjadi narapidana. Kemudian ada juga yang tidak legalisir ijazahnya.

"Teman-teman Parpol bagi yang tidak puas, kami dorong untuk mengajukan sengketa di Bawaslu. Kami akan mengikuti prosesnya," katanya.

Tahapan selanjutnya, pihaknya akan menyampaikan daftar calon sementara Caleg pada 12 hingga 14 Agustus mendatang di Media Massa. Selain itu juga ada pengumuman di website resminya.

"Tapi sebelum itu dilakukan, kami akan meminta validasi kepada parpol terkait. Apakah sudah benar foto calonnya, nama, dan alamatnya," ucap dia.

Terpisah, Wakil Sekretaris Bidang Kaderisasi Partai Golkar DIJ, Suhud Imandoyo mengatakan, pihaknya sejauh ini belum menentukan sikap atas berkas 2 bacaleg yang masih tidak memenuhi syarat.

"Hasil verifikasi dari KPU ini akan kami sampaikan, biar nanti diseleksi dulu. Biar nanti prosesnya seperti apa, ditentukan. Kami juga akan berdiskusi dulu," ucapnya.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up