JawaPos Radar

Masih Kuat di Umur 160 tahun, Rahasia Nenek Sinah Hanya Makan Sayuran

08/08/2017, 01:51 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Masih Kuat di Umur 160 tahun, Rahasia Nenek Sinah Hanya Makan Sayuran
Nenek Sinah Bersama KST di kediamanya. (bulungan post)
Share this image

JawaPos.com - Jika benar usia nenek Sinah mencapai 160 tahun, maka rekor manusia tertua di Indonesia akan dipegang oleh warga Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara). Meski tidak ada dokumen resmi yang bisa menjadi bukti, anak-anak Sinah memercayai usia ibunya sudah lebihbdari satu setengah abad.

Sinah “ditemukan” sekelompok anak muda yang tergabung dalam Komunitas Sedekah Tarakan (KST). Mereka menghimpun berbagai informasi terkait masyarakat miskin untuk diberi bantuan kebutuhan pokok.

Saat itu, KST mendapatkan nama Marsinah. KST akhirnya mendatangi rumah Marsinah di  Kelurahan Karang Harapan, Kecamatan Tarakan Barat, Minggu (6/8).

Rumah semipermanen itu terlihat sangat sederhana. Tidak ada barang-barang berharga di dalamnya. Selain Marsinah, di rumah itu juga ada nenek bernama Sinah. Tubuhnya masih sehat. Matanya juga masih awas. Namun, kemampuan pendengarannya sudah berkurang.

Marsinah mengatakan, Sinah melahirkan anak terakhir dari 13 bersaudara pada 1919. “Yang saya ingat, saya itu anak yang kesepuluh ke atas,” kata Marsinah sebagaimana dilansir dari bulungan pos (Jawapos Group).

Menurut cerita, lanjut Marsinah, anak terakhir yang dilahirkan itu tahun 1919. Bayangkan sudah berapa usia ibu saya saat ini. 

“Ibu saya ini kelahiran Blitar, Jawa Timur. Pada tahun 1977 saya bawa ke Bulungan, lalu pindah ke Tarakan sampai sekarang,” terang Marsinah.

Marsinah menambahkan, meski sudah sangat uzur, ibunya masih memiliki kemampuan memijat. Dalam satu hari, Sinah kini hanya mampu melayani dua pasien.

Pelanggan berasal dari berbagai kalangan. Mulai pedagang, petani, petambak, pegawai, hingga anggota TNI.

Keahlian Sinah tidak diragukan. Salah seorang anggota KST Suwardi merasakan pijatan Sinah saat dirinya mengalami keram tangan kanan.

Marsinah mengaku sering melarang Sinah memijat. Namun, ibunya justru marah. Sinah beralasan tidak mau mengecewakan pelanggan yang sudah datang.

“Kan sudah tua juga. Kami sarankan istirahat dan tidak menerima pasien lagi. Malah kami kena marah. Katanya biarkan saja, sudah datang jauh–jauh jangan dikecewakan,” tutur Marsinah.

Soal rahasia panjang umur, Sinah memiliki resep sederhana. Marsinah mengatakan, ibunya lebih banyak mengonsumsi sayuran. Bahkan, dalam 20 tahun, Sinah sempat tidak makan nasi. Dia hanya makan sayur. Menurut Marsinah, ibunya baru kembali melahap nasi dalam beberapa tahun terakhir.

(dms/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up