alexametrics

Dikepung Titik Api, Jambi Waspada Karhutla

8 Agustus 2017, 16:01:10 WIB

JawaPos.com – Provinsi termasuk salah satu daerah yang rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Bahkan provinsi ini telah dikepung oleh titik api dari daerah tetangga, Sumatera Selatan (Sumsel).

Atas kondisi ini, Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli meminta semua pihak harus waspada. “Saya berkomunikasi dengan Danrem, saya pertanyakan sampai ke titik api yang terbaca oleh satelit kita datangi. Setelah dicek beberapa di antaranya sudah masuk Sumsel,” akunya seperti dilansir Jambi Ekspres (Jawa Pos Group), Selasa (8/8.

Dia menyebut, sejauh ini titip api yang ada di wilayah hutan Jambi bisa terpantau dengan menggukan helikopter bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dikepung Titik Api, Jambi Waspada Karhutla
Titik api di Jambi terus bertambah. (M Ridwan/Jambi Ekspres/JawaPos.com)

Agar karhutla tak meluas, Zola mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan tindakan pembakaran ketika membuka lahan. Di Jambi sudah ada 3 pelaku pembakaran yang ditangkap.

Dia berharap tak hanya pelaku saja yang ditangkap, siapa yang ada dibelakang juga ditindak. “Kita selalu berkoordinasi dengan BNPB. Penindakan bukan hanya oknum saja, namun, yang dibelakangnya juga ditindak,” katanya.

Sementara itu, update yang disampaikan Badan Meteorolgi Klimatoligi dan Geofisika Provinsi Jambi, kemarin, terpantau 2 titik api yang barada di Kabupaten Batanghari dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. “Satu titik di Kecamatan Bajubang dan 1 titik di kecamatan Tungkal ulu,” singkatnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (iil/jpg/JPC)



Close Ads
Dikepung Titik Api, Jambi Waspada Karhutla