alexametrics

Pemprov Kalimantan Selatan Berlakukan Jam Malam di Daerah Zona Merah

8 Juli 2021, 15:00:53 WIB

JawaPos.com–Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal memerintahkan agar aktivitas masyarakat dikurangi pada empat zona merah di provinsi itu. Kebijakan itu diharapkan dapat menekan penularan kasus Covid-19.

”Tidak boleh ada kegiatan kerumunan warga dan sebagainya di zona merah. Berlakukan jam malam. Saya mohon kepada kepala polda dan komandan korem agar anggotanya di lapangan dapat mengawal ini. Tegakkan aturan setegas-tegasnya demi keselamatan rakyat,” kata Safrizal seperti dilansir dari Antara di Banjarmasin, Kamis (8/7).

Langkah tegas itu harus ditempuh agar penyebaran virus korona di sana bisa dikendalikan dan dieliminasi secara signifikan. Berdasar laporan harian PPKM mikro dan peta zonasi risiko yang dihimpun Direktorat Binmas Polda Kalimantan Selatan, ada empat zona merah pada lingkup rukun tetangga (RT) di Kabupaten Tanah Bumbu. Kemudian untuk zona oranye dua RT di Kota Banjarmasin. Selebihnya zona kuning 374 RT dan zona hijau 12.975.

Safrizal juga menginstruksikan dinas kesehatan dan puskesmas untuk menguji Covid-19 sebanyak-banyaknya di zona merah termasuk zona oranye.

”Lakukan penelusuran kepada kontak erat yang terkonfirmasi positif. Semakin cepat kita dapat mendeteksi penularan semakin bagus dalam upaya menekan potensi penyebaran lebih luas. Jadi jangan justru mengurangi testing untuk menekan jumlah kasus, ini keliru,” tutur Safrizal.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads