JawaPos Radar

Lepas Pawai Budaya, Anies: Inilah Karnaval Terbaik di Indonesia

08/07/2018, 20:45 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pawai Budaya Jakarnaval 2018
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas pawai Jakarnaval 2018 di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (8/7). Keragaman budaya dari Sabang-Merauke Indonesia ditampilkan di hadapan duta-duta besar negara tetangga yang hadir. (Yesika Dinta/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas pawai Jakarnaval 2018 di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (8/7). Keragaman budaya dari Sabang-Merauke Indonesia ditampilkan di hadapan duta-duta besar negara tetangga yang hadir.

Pantauan JawaPos.com, sekitar pukul 16.30 WIB, pelepasan tersebut ditandai dengan bendera yang dikibarkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Satu per satu peserta pawai menampilkan aksinya.

Mulai dari tari-tarian adat berbagai daerah pulau Sumatera, Sulawesi, Jawa, Kalimantan, Bali, serta Irian Jaya. Dari Reog Ponorogo, Ondel-ondel, Jaipong, Tari Piring, hingga permainan bambu gila.

Pawai Budaya Jakarnaval 2018
Tema Jakarnaval tahun ini, yakni Jakarta yang adil, maju, dan bahagia. Acara tersebut juga diselenggarakan dalam rangka menyambut pelaksanaan Asian Games yang akan dimulai pada 18 Agustus 2018. (Yesika Dinta/JawaPos.com)

Di hadapan peserta dan tamu undangan, Anies mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk bersama-sama mengikuti acara tersebut dengan baik dan tertib.

“Izinkan Jakarnaval ini menjadi salah satu event yang dirasakan sebagai event yang mencerahkan, yang membahagiakan. Dan InsyaAllah akan menunjukkan kepada semua, betapa Indonesia dan Jakarta memiliki ekspresi seni budaya yang sangat baik,” tutur dia.

Anies berharap Jakarnaval mampu menjadi awal kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018. Dia ingin menunjukkan bahwa Jakarta bisa menjadi tuan rumah yang baik, yang membahagiakan bagi semuanya. 

“Kehadiran Anda (peserta karnaval) bukan hanya ditonton oleh warga di sekitar Jalan Merdeka Selatan dan Merdeka Barat. Tapi ini akan ditayangkan secara live di-broadcast secara live yang akan ditonton seluruh Indonesia. Tunjukkan kepada semua, inilah salah satu karnaval terbaik yang ada di Indonesia,” paparnya.

Tema Jakarnaval tahun ini, yakni Jakarta yang adil, maju, dan bahagia. Acara tersebut juga diselenggarakan dalam rangka menyambut pelaksanaan Asian Games yang akan dimulai pada 18 Agustus 2018.

Sebagai informasi, selepas pawai, Jakarnaval 2018 akan dilanjutkan dengan acara panggung hiburan di Monas yang menampilkan sejumlah artis ternama Tanah Air, seperti band The Dance Company, Rizky Febian, Siti Badriah, Dipha Barus, Budi Doremi, NAFF, dan lainnya.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up