alexametrics

H-7, Terminal Kampung Rambutan Masih Sepi Pemudik

8 Juni 2018, 12:12:41 WIB

JawaPos.com – Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah tinggal terhitung sepekan lagi. Namun di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (8/6) pagi, terlihat suasana belum terlalu ramai.

Komandan Regu Terminal Antarkota Kampung Rambutan Jumali mengatakan, kenaikan penumpang bus yang akan bertolak dari Jakarta berkisar 10 persen hari ini. “Sudah ada peningkatan tapi tidak signifikan. Kira-kira naik 10-13 persen,” ujarnya di Terminal Kampung Rambutan.

Kemungkinan lonjakan penumpang akan terjadi pada akhir pekan ini. “Dari kemarin belum ada lonjakan. Kemungkinan Sabtu-Minggu besok,” tambahnya. Ya, jika melihat pada H-8 tahun 2017 lalu, total penumpang bus di Terminal Kampung Rambutan sebanyak 10.365 orang. Namun H-8 tahun ini hanya 5.125 orang.

Artinya, jumlah penumpang cukup menurun drastis. Jumali berpendapat, kemungkinan hal ini disebabkan karena mayorita pemudik mungkin memilih moda angkutan lain atau membawa angkutan sendiri untuk pulang ke kampung halaman.

“Kemungkinan seperti itu. Tapi lihat puncaknya nanti H-3. Prediksinya besok. Kampung Rambutan 75 persen jarak dekat karena Wilayah Jabar,” jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap mengantisipasi lonjakan penumpang dengan menyiapkan armada tambahan. “Akan kita siapkan bilaman reguler sudah tidak tersedia,” kata Jumali.

Perusahaan otobus (PO) bakal diminta untuk menyiapkan 10 kendaraan tambahan. “Bilamana bus tamabahan tidak mencukupi juga, kita sediakan bus pariwisata. (Sekitar 40 bus), bisa lebih, sesuai kebutuhan,” pungkasnya. 

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (dna/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
H-7, Terminal Kampung Rambutan Masih Sepi Pemudik