alexametrics

Kapal Beserta Tujuh ABK Hilang di Laut Sumbar

8 Mei 2018, 22:48:31 WIB

JawaPos.com – Kapal Motor Harapan Bersama dilaporkan hilang di perairan laut Sumatera Barat (Sumbar) sejak Senin (7/5) malam. Hingga kini, tidak diketahui keberadan kapal yang berlayar dengan tujuh Anak Buah Kapal (ABK) itu.

Informasinya, kapal bermuatan kopra dan manau itu berangkat dari dermaga Mailepet, Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Mereka diketahui hendak menuju pelabuhan Muaro Padang.

Kapal tersebut diketahui berangkat sekitar pukul 09.00 WIB. Mereka berlabuh di Muaro Padang sekitar pukul 22.00 WIB, Senin malam (7/5). Namun, hingga siang hari Selasa (8/5), kapal tak kunjung dari perairan laut lepas.

Kasat Reskrim Polres Mentawai Iptu Herit Syah memyatakan, sebelum hilang, dirinya sempat berkomunikasi dengan kapten kapal sekitar pukul 10.00 WIB pada hari Senin (7/5). Namun hingga kini, komunikasi pihak dermaga dengan kapal pun tidak terkoneksi.

“Komunikasi melalui saluran rapi yang dipakai kapal tidak bisa dihubungi. Posisi kapal sampai sekarang belum terdeteksi. Tim Basarnas dan Satpolair Polres Kepulauan Mentawai sedang melakukan proses pencarian,” kata Iptu Herit Syah, Selasa (8/5).

Sementara itu Kepala Kantor SAR Mentawai Akmal mengatakan, operasi pencarian dilakukan tim gabungan dengan mengunakan KM SAR 240. Mereka telah menyisir peraian laut kawasan Muara Siberut hingga Kota Padang.

Dalam komunikasi terakhir lanjut Akmal, kapal dengan lambung KM Harapan Bersama itu diketahui berada di sekitar perairan Siberut dengan radial 3° jarak 41 NM koordinat 01°22’45” S – 99°38’52” E.

“Informasinya lost kontak setelah lima jam berlayar,” katanya.

Hilang kontak kapal ini diketahui petugas setelah pemilik kapal Andreas memberitahu kabar tersebut ke dermaga. Hingga kini, tim gabungan masih berupaya melakukan pencarian keberadaan KM Harapan Bersama.

“Basarnas Kota Padang juga merencanakan akan mengerahkan KM Yudistira untuk melakukan operasi pencarian. Semoga secepatnya KM Harapan Bersama dapat kita temukan,” harapnya.

Berikut nama-nama ABK kapal Harapan Bersama

1. Nahkoda : Zalnudin
2. Mualim : Herman
3. KKM : Asrul
4. Oliman : Talsisius
5. Kelasi : Melki
6. Kelasi : Safrizal
7. Kelasi : Ambrizal

Editor : Budi Warsito

Reporter : (rcc/JPC)



Close Ads
Kapal Beserta Tujuh ABK Hilang di Laut Sumbar