alexametrics

Agar Sistem Pelayanan Haji dan Umrah Optimal

Gathering Visa Provider dan Konsorsium Turki
8 April 2021, 20:50:49 WIB

JawaPos.com- Untuk melancarkan proses ibadah haji, hari ini berlangsung acara Gathering Visa Provider dan Konsorsium Turki di Erawan Dharma Ballroom Lantai 20, Hotel Royal Tulip Darmo, Surabaya.

Pelaksananya adalah PT Cahaya Anugrah Al Mawaddah (PT CAM) yang bekerja sama dengan muasasah alias badan yang didirikan untuk mengurus orang-orang yang naik haji yakni Arabco Saudi Arabia. Lembaga punya legalitas yang terjamin. Tujuannya adalah untuk memberikan pelayan terbaik kepada jemaah haji.

Selain para pengusaha travel haji dan umrah yang ada di Jawa Timur, acara ini dihadiri Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Eri berharap, terbentuknya visa provider dan konsorsium Turki bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi travel haji dan umrah di Jawa Timur.

“Saya berpesan, ketika memberangkatkan jemaah umrah dan haji tak semerta-merta untuk keperluan duniawi,” kata Eri dalam siaran pers yang diterima JawaPos.com.

“Namun, jadikanlah itu sebagai amalan ibadah dan tanggung jawab kepada Allah di akhirat nanti. Pelayanannya harus bagus sehingga para travel yang bergabung, bisa nyaman dan mendapat fasilitas terbaik di tanah suci. Saya juga menitip doa untuk warga Surabaya agar sejahtera dan lebih baik ke depan,” tambah Eri.

Selain wali kota Surabaya, acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Kanwil Kemenag Jatim Khoirul Huda, Plt Kepala KKP K-I Surabaya Zainal, Komisaris Utama PT CAM Mus Abdullah, dan Direktur PT CAM Anggarjito.

Direktur Utama PT CAM Intan Puspita Sari mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan amanah dari Kementerian Agama dan Kementerian Haji di Arab Saudi. Yakni menjadi salah satu visa provider di Indonesia. Bisa memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah haji, kata Intan merupakan pencapaian yang luar biasa.

“Secara sistem, kami sudah siap. Namun, kami harus menunggu kebijakan pemerintah Arab Saudi maupun pemerintah Indonesia. Sebab, kami sudah mendapat 100 kuota dari Arab Saudi berupa paket haji khusus dengan haji furodha. Yang utama, kami juga bekerja sama dengan muasasah Arabco Arab Saudi,” kata Intan.

Intan memaparkan, selama pandemi, ada syarat khusus yang harus disiapkan. Jemaah haji yang sudah masuk ke PT CAM, lanjut dia, akan segera divaksin. Kemudian, surat vaksin itulah yang digunakan sebagai salah satu syarat untuk melaksanakan ibadah haji. Calon jemaah juga harus menjalani karantina sebelum melangsungkan ibadah haji.

“Jadi durasi waktu pemberangkatan biasanya hanya sembilan hari, kini bisa menjadi 15 hari karena dikarantina di Indonesia dan Arab Saudi. Pulangpun masih ada karantina. Mengenai harga terbaru paket ibadah haji, perubahannya tidak terlalu signifikan, hanya sekitar 20 persen,” kata Intan.

Intan melanjutkan, berdasar berita yang diterima dari muasasah yang bekerja sama dengan PT CAM, tahun ini, pihaknya bisa memberangkatkan jemaah haji dengan visa furodha. “Mudah-mudahan kuota yang sudah diberi oleh pihak Kementerian Arab Saudi bisa kami jalankan dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Direktur Arabco Arab Saudi Bakeer Al Halabi menyampaikan bahwa pihaknya bakal memberikan fasilitas terbaik kepada jemaah haji Indonesia. “Kami telah membuat perjanjian dengan hotel bintang 3, 4, dan 5. Kami juga mempersiapkan semua dengan lengkap demi kenyamanan jemaah haji,” kata Bakeer melalui sambungan video conference dari Arab Saudi.

Legalitas PT CAM sebagai penyelenggara perjalanan ibadah haji dan umroh sudah terakreditasi B oleh Kementerian Agama. Hal itu disampaikan oleh Yuda Bimaputra, legal corporate PT CAM.

Sebagai penyelenggara tour dan travel haji serta umroh, PT CAM sudah terakreditasi sebagai penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) dan penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK).

Editor : Ainur Rohman




Close Ads