alexametrics

Terinspirasi Sandiaga Uno, Pengusaha Solo Ciptakan Motif Batik 2 Jari

8 Maret 2019, 13:56:57 WIB

JawaPos.com – Seorang pengusaha batik di Kampung Batik Laweyan, Solo, Gunawan Muhammad Nizar menciptakan motif batik dua jari. Penciptaan motif batik itu karena terinspirasi oleh sosok Sandiaga Uno yang merupakan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02. Terlebih beberapa waktu lalu, Sandi juga menyempatkan datang ke rumahnya di kawasan Laweyan.

Kepada JawaPos.com, pemilih usaha batik dengan nama Putra Batik Laweyan itu menyampaikan, bahwa dirinya memang seorang pengagum dan pendukung Paslon nomor urut 02. Sehingga, dengan keahliannya dalam bidang batik, Gunawan sempat berujar kalau dirinya akan membuat sebuah batik dengan motif yang akan melegenda.

Dan setelah melalui proses beberapa lama, akhirnya dengan tangan dinginnya akhirnya Gunawan menciptakan batik motif dua jari. “Sebenarnya saya sudah mulai membuat sebelum Bang Sandi datang ke rumah saya, dan saat datang mau saya tunjukkan. Tetapi, ternyata belum bisa jadi dan baru jadi sekarang ini,” urainya, Jumat (8/3).

Terinspirasi Sandiaga Uno, Pengusaha Solo Ciptakan Motif Batik 2 Jari
Ada yang memberi nama motif dua jari, victory dan yang lainnya. Tetapi, Gunawan ternyata memiliki nama sendiri untuk motif kreasinya tersebut. Yakni SAS atau simbol akal sehat. (Ari Purnomo/JawaPos.com)

Sejak kemunculan motif ciptaannya itu, Gunawan melanjutkan, banyak yang kemudian memberikan nama sendiri-sendiri. Ada yang memberi nama motif dua jari, victory dan yang lainnya. Tetapi, Gunawan ternyata memiliki nama sendiri untuk motif kreasinya tersebut. Yakni SAS atau simbol akal sehat.

“Kalau orang mau menamainya dengan nama motif dua jari atau victory tidak apa-apa, terserah mereka karena memang simbolnya seperti itu. Tapi kalau saya menamainya SAS (simbol akal sehat),” imbuhnya.

Sementara itu, untuk pemilihan warga Gunawan menerangkan, dirinya memilih warna ikonik yakni biru yang identik dengan Rabu biru.

Tetapi tidak menutup kemungkinan, nantinya dirinya akan menciptakan dengan warna yang lebih beragam. Seperti merah jambu atau pink, sogan atau warna yang lainnya. Mengingat, banyak pendukung Paslon 02 yang ternyata mengusulkan agar ada warna lain selain warna biru.

“Ya ke depan mungkin saya akan membuat warna pink untuk ibu-ibu, banyak yang minta warna itu. Bisa juga sogan,” ucap pria yang sudah berkecimpung di dunia batik sejak masih remaja itu.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ari Purnomo

Close Ads
Terinspirasi Sandiaga Uno, Pengusaha Solo Ciptakan Motif Batik 2 Jari