alexametrics
Kecelakaan di Tol Batang-Semarang

Operasi Bupati Demak Berjalan Lancar, Sementara Dibantu Alat Gerak

8 Maret 2019, 17:09:08 WIB

JawaPos.com – Operasi fraktur tulang bonggol panggul Bupati Demak, Muh Natsir di RSUP Kariadi berjalan lancar. Kepala daerah itu sendiri menjalani operasi usai dirinya mengalami cedera akibat kecelakaan lalu lintas yang menimpanya di tol Batang-Semarang, Minggu (3/3) lalu.

“Sudah dilakukan operasi, kemarin. Operasi berjalan lancar, dan sudah kembali ke ruang perawatan,” kata Kasubbag Humas RSUP dr Kariadi, Rochayatun, Jumat (8/3).

Pascaoperasi, tim medis pihak RSUP dr Kariadi, telah melakukan pembahasan internal terhadap kondisi Natsir. Dilihat melalui rontgen atau pemeriksaan-pemeriksaan sebelumnya, pasien, kata Rochayatun, tidak mengalami cedera lain selain pada kaki kiri sebelah atas atau bonggol panggulnya.

Operasi Bupati Demak Berjalan Lancar, Sementara Dibantu Alat Gerak
Bupati Demak, Muh Natsir terlihat masih syok sewaktu mendapatkan perawatan. (Istimewa)

“Operasi cedera kaki sebelah kiri bagian atas agar bisa pulih kembali. Untuk perbaikan bagian tulang yang retak,” sambung Rochayatun.

Sesuai penuturannya, Natsir sekarang masih berada di ruang perawatan 607 lantai 6 Paviliun Garuda, RSUP dr Kariadi Semarang. Pasien belum diperbolehkan berkegiatan dan harus menunggu sampai cukup pulih.

“Tentunya menyangkut anggota badan gerak atau kaki, paling tidak kan ada ketentuan berapa lama, latihan duduk, kemudian latihan berjalan. Tidak boleh menyangga beban, itu sudah terkait dengan prosedur medis. Sementara harus memakai alat bantu gerak,” tandasnya.

Sementara, tim Humas RSUP dr Kariadi Semarang Aditya Kandu Warendra, turut menjelaskan, jika kondisi Natsir saat ini masih dalam monitoring intensif oleh tim medis. “Kondisi sampai saat ini terpantau stabil. Hanya hasil laborat pasien kadar gula darah masih tinggi,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, pada Minggu (3/3) dini hari, sekitar pukul 03.10 WIB, Bupati Demak, Muh Natsir terlibat dalam sebuah kecelakaan lalu lintas di Tol Semarang-Batang Km 349. Mobil yang dikemudikan sopirnya, ringsek usai menabrak truk tronton dari belakang.

Akibatnya, ajudan Natsir yang bernama Febri, meninggal dunia usai menderita cedera pada bagian kepala. Sementara sopir mengalami luka ringan, pengawal pribadi Bupati, Wijaya menderita patah tulang kaki kiri dan Natsir mengalami fraktur pada tulang panggul. Orang nomer satu di Demak itu harus dirawat di RSUP dr Kariadi Semarang semenjak itu.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro

Copy Editor :

Operasi Bupati Demak Berjalan Lancar, Sementara Dibantu Alat Gerak