alexametrics

Kemenkominfo Sosialisasikan Kenaikan Nilai PKH

8 Maret 2019, 08:23:06 WIB

JawaPos.com- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus melakukan sosialisasi program pemerintah kepada masyarakat. Sosialisasi ini dilakukan langsung dengan mendatangi berbagai daerah di Indonesia. Mereka menyambangi langsung masyarakat, seperti yang dilakukan di Desa Munggung, Karangdowo, Klaten, Kamis malam (7/3).

Dalam sosialisasi yang dilakukan melalui media wayang kulit itu, Kemenkominfo menyampaikan berbagai capaian dari program pemerintah selama ini. Salah satunya adalah peningkatan nilai untuk Program Keluarga Harapan (PKH).

Direktur Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Wiryanta menyampaikan, PKH sekarang ini tidak lagi sebesar Rp 2,4 juta, melainkan sudah menjadi Rp 10 juta.

“Penerima PKH sudah meningkat lebih dari tiga kali lipat dari sebelumnya. Dan untuk besarannya juga sudah dinaikkan menjadi Rp 10 juta dari sebelumnya yang hanya Rp 2,4 juta saja,” terangnya.

Peningkatan ini karena pemerintah berkomitmen untuk mempercepat pengentasan kemiskinan. Selain itu juga untuk semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan adanya peningkatan besaran nilai PKH, masyarakat diharapkan  bisa lebih mandiri ke depannya. Selain itu, Wiryanta juga menyampaikan mengenai capaian untuk program kesehatan yakni Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Kesehatan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Dari data yang didapatkannya, terhitung sampai bulan lalu tercatat sudah ada 217 juta warga yang ikut dalam kepesertaan BPJS.

“Dari jumlah tersebut 100 juta di antaranya merupakan warga yang tidak mampu, sehingga untuk preminya ditanggung oleh pemerintah. Baik itu pemerintah pusat maupun oleh pemerintah daerah menggunakan APBD,” urainya.

Dengan capaian ini, Wiryanta juga berharap akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk ikut menjadi peserta BPJS Kesehatan mandiri. Sehingga, target 2019 seluruh warga Indonesia ter-cover BPJS bisa terealisasikan.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Ari Purnomo

Copy Editor :

Kemenkominfo Sosialisasikan Kenaikan Nilai PKH