JawaPos Radar

Dua Toko Emas di PTC Palembang Belum Uji Tera

08/03/2018, 10:15 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Toko emas
Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang Hardayani saat sidak toko emas di PTC Palembang. (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Mal PTC Palembang. Sidak menyasar 12 toko emas. Hasilnya ditemukan ada dua toko emas yang belum melakukan uji tera timbangan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang Hardayani mengatakan, alasan kedua toko emas belum melakukan uji tera timbangan karena tidak tahu. Mereka baru pindahan.

Untuk itu, Dinas Perdagangan langsung meminta pemilik kedua toko emas segera melakukan uji tera. Tujuannya untuk menghindari kecurangan yang dapat merugikan pedagang maupun pembeli.

"Uji tera ini wajib untuk menjaga pedagang dan pembeli. Karena dengan alat timbang yang belum dilakukan uji tera, maka posisi pedagang sangat lemah jika ada oknum pembeli yang berniat jahat kepada pemilik toko. Begitu pula sebaliknya," kata Hardayani saat dihubungi JawaPos.com, Kamis (8/3).

Uji tera pada timbangan juga harus dilakukan secara rutin setiap tahun. Dimana dapat dilakukan di kantor Dinas Perdagangan Palembang, Jalan Demang Lebar Daun.

Terkait sidak kali ini, Hardayani mengaku hanya sebagai pencegahan terjadinya kecurangan. Tapi jika masih ditemukan kasus yang sama pada toko emas serupa, maka Dinas Perdagangan tidak segan-segan mencabut izinnya. "Nantinya Pemkot Palembang akan membuat perda khusus yang mengatur hal ini," ujarnya.

Sementara itu, salah satu pemilik Muhammad Nur mengaku belum melakukan uji tera kepada alat timbangan karena baru buka beberapa bulan. "Toko kami ini baru buka. Sehingga belum melakukan uji tera. Tapi dalam waktu dekat kami akan datangi kantor perdagangan untuk melakukan uji tera," ucapnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up