alexametrics

Tangani Tanah Ambles, BPBD Gunungkidul Buat Drainase

8 Februari 2018, 20:31:16 WIB

JawaPos.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul akhirnya membuat drainase di sekitar tanah ambles untuk mengantisipasi air hujan berlebihan yang masuk.

Hal itu dilakukan agar lubang yang timbul tidak meluas dan berdampak pada lahan pertanian milik warga di Kecamatan Ponjong, Gunung Kidul.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gunungkidul Edy Basuki mengatakan, penanganan awal guna antisipasi dilakukan dengan cara membuat tanggul. “Sistem drainasenya dibuat disekitarnya. Agar aliran air hujan tidak masuk ke situ,” katanya, saat dihubungi JawaPos.com, Kamis (8/2).

Selain itu pihaknya juga mengimbau kepada para petani yang beraktivitas di sekitar tanah ambles tersebut agar lebih berhati-hati. Terlebih ketika cuaca hujan deras, karena saat ini masih berlangsung puncak musim hujan setidaknya sampai akhir Februari mendatang.

Dijelaskan pula, tanah ambles yang belum lama ini muncul sebanyak 4 lubang. 2 diantaranya di Kecamatan Ponjong, sebelah timur wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Namun jika ditotal dalam beberapa bulan terakhir ini bisa mencapai sekitar 11 lubang. Tersebar di beberapa kecamatan, sepeti Tepus dan Saptosari.

Ia juga mengungkapkan, kejadian tanah ambles hingga mencapai diameter kisaran 10 meter itu penyebab kuat karena hujan deras yang dialami di Gunungkidul. “Beberapa kecamatan dulu juga pernah mengalami,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Studi Bencana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM) Djati Mardiatno menambahkan, Pemerintah Daerah setempat terpenting melakukan pemantauan pada penanganan awal.

Menurutnya lambat laun tanah tersebut akan padat sendiri. Namun hanya ada perbedaan morfologinya. “Kalau khawatir, tidak usah diapa-apakan. Lahan itu masih bisa dimanfaatkan,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (dho/JPC)

Tangani Tanah Ambles, BPBD Gunungkidul Buat Drainase