alexametrics

Tingkatkan Kualitas Air, Jalin Kerja Sama dengan Taiwan

8 Januari 2019, 17:04:04 WIB

JawaPos.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang akan bekerjasama dengan Taiwan Water Corporation (TWC) untuk teknik pengolahan dan fasilitas suplai air. Tujuannya guna meminimalisir adanya kebocoran. Sebagai informasi, TWC merupakan perusahaan daerah asal Taiwan khusus untuk air minum.

Hal ini ditandai dengan adanya kunjungan kerja TWC yang disambut jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Malang. Kerja sama dilakukan di Pringgitan Pendopo Agung, Malang, Selasa (8/1).

Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Malang Syamsul Hadi mengatakan, kunjungan TWC ini merupakan kunjungan balasan guna membahas bentuk kerja sama dalam teknik pengolahan dan fasilitas suplai air. TWC datang untuk membahas rencana kerja sama dalam pembangunan program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) PDAM, dengan Non-Revenue Water (NRW). Tujuannya untuk mengurangi tingkat kekurangan pasokan air.

“Diharapkan melalui kerja sama dengan Taiwan ini, dapat meningkatkan dan menyempurnakan kualitas air. Akan tetapi, kerja sama ini akan ditelaah terlebih dahulu layak tidaknya,” kata Syamsul.

PDAM Kabupaten Malang masih akan mengaji kerja sama dengan Taiwan. Mereka masih menunggu hasil dari konsultan untuk menyusun detail engineering design (DED). Nantinya, DED akan dipelajari dan disepakati bersama-sama.

“Tapi semuanya nanti tergantung kepada pemerintah daerah,” jelasnya.

Untuk itu, TWC menawarkan kerja sama untuk menularkan teknologi dan pengalaman yang dimilikinya. Terutama dalam teknik pengolahan dan suplai air dengan fokus pada water treatment.

Selama ini 90 persen air yang didistribusikan berasal dari sumber.

“Ke depan, air sungai akan kami proses seperti yang ada di Taiwan. Sebab kondisi geografis dan banyaknya aliran sungai yang ada di Kabupaten Malang sangat mendukung teknologi tersebut,” pungkasnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Dian Ayu Antika Hapsari

Tingkatkan Kualitas Air, Jalin Kerja Sama dengan Taiwan