alexametrics

Satwa Langka Elang Bondol Ditemukan UPK Badan Air di Kali Grogol

8 Januari 2019, 16:11:59 WIB

JawaPos.com – UPK Badan Air Jakarta Utara mememukan satwa langka Elang Bondol di aliran Kali Grogol, Penjaringan, Jakarta Utara. Penemuan itu terjadi pada Senin (7/1) kemarin pukul 09.00 WIB.

Petugas UPK Badan Air Jakarta Utara Ismail menjelaskan, bahwa burung tersebut ditemukan dalam keadaan lemah. Saat ditemukan, para petugas UPK Badan Air sedang membersihkan sampah di kali tersebut.

“Tiba-tiba burung turun gitu ke kali, jatuh lalu diselamatkan dan dirawat. Nggak ada luka, dia nggak bisa terbang tinggi, entah masih kecil atau gimana,” jelasnya saat dikonfirmasi, Selasa  (8/1).

Satwa Langka Elang Bondol Ditemukan UPK Badan Air di Kali Grogol
Elang Bondol yang ditemukan dalam keadaan sehat (Istimewa)

Ismail menerangkan kondisi terkini burung yang menjadi maskot ibu kota tersebut sudah membaik. Awalnya, burung tidak bisa atau nafsu makan namun setelah dirawat burung tersebut mau makan.

“Kalau sekarang sudah makan daging, burung lagi dirawat, diamankan di dekat saringan Kali Grogol, Penjaringan,” jelasnya.

Saat ini, Ismail sedang menunggu arahan dari Dinas terkait. Sebab, tim gubernur sudah menginstruksikan untuk mengembalikan burung Elang kepada pihak yang dapat merawatnya.

“Tolong diserahkan karena itu maskot Jakarta katanya. Tapi penyerahan belum diinfokan kembali, yang penting posisi burung aman dan dibikin sehat dulu. Nggak ada sayap patah nggak ada, sehat kok dia,” katanya.

Untuk diketahui Elang Bondol ini merupakan salah satu jenis elang yang hanya ada di Kepulauan Seribu. Penetapan si Elang Bondol menjadi maskot kota Jakarta, bermula dari Keputusan Gubernur No. 1796 Tahun 1989.

Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin saat itu menetapkan elang berwarna coklat dan berkepala putih dengan posisi bertengger pada sebuah ranting sambil mencengkeram salak Condet sebagai maskot Jakarta.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria

Satwa Langka Elang Bondol Ditemukan UPK Badan Air di Kali Grogol