alexametrics

Dugaan Pelecehan Seksual, Rektor UGM Beri Keterangan ke Ombudsman

8 Januari 2019, 16:10:01 WIB

JawaPos.com – Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Panut Mulyono memberikan keterangan kepada Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Selasa (8/1). Hal itu dilakukan untuk melengkapi berkas investigasi yang dilakukan oleh ORI DIJ dalam penanganan kasus dugaan pelecehan seksual di kampus itu.

“Mengenai prosedur penanganannya dari awal hingga akhir yang Pak Kepala (ORI DIJ) masih kurang informasi dari tanggal ini sampai ini, maka kami lengkapi. Tadi sudah kami jelaskan, jadi sudah clear,” kata Rektor UGM, Panut Mulyono, Selasa (8/1).

Lanjut Panut, sebenarnya hanya ada 7 pertanyaan yang ingin diketahui oleh ORI DIJ. Namun karena pertemuan itu diselingi dengan diskusi, maka lingkupnya semakin meluas.

Ia juga mengatakan, HS yang merupakan terduga pelaku sama sekali belum masuk dalam list calon wisudawan pada akhir 2018 lalu. Sempat muncul kabar memang yang bersangkutan akan diwisuda.
Namun, menurutnya karena proses di tingkat fakultas sudah diselesaikan oleh HS. Sedangkan yang di atasnya, yakni Direktorat Pendidikan dan Pengajaran belum meloloskannya.

“Direktorat Pendidikan dan Pengajaran yang memutuskan wisuda atau tidak. Sama sekali tidak memutuskan untuk diwisuda,” ucapnya.

Belum diperkenankannya HS diwisuda karena yang bersangkutan saat ini masih menjalani konseling. Sampai nantinya dianggap tuntas sesuai dengan yang telah ditentukan. “Minta wisuda boleh, tapi kami melihat persyaratan terpenuhi atau tidak,” katanya.

Sementara itu, Kepala ORI Perwakilan DIJ, Budhi Masturi mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas hadirnya rektor UGM. “Pertanyaan seputar peran dan ketugasan rektor. Tindak lanjut, dan langkah yang telah dilakukan,” ucapnya.

Untuk diketahui, ORI DIJ melakukan investigasi terhadap kasus dugaan pelecehan seksual di UGM pada 2017 lalu. Namun yang ditangani oleh lembaga pemerintah pengawas pelayanan publik ini lebih pada prosedur penanganan yang dilakukan oleh pihak kampus.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Dugaan Pelecehan Seksual, Rektor UGM Beri Keterangan ke Ombudsman