alexametrics

Jokowi Pastikan Bangun Jembatan yang Putus akibat Erupsi Semeru

7 Desember 2021, 18:51:59 WIB

JawaPos.com–Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Selasa (7/12). Jokowi melihat Jembatan Gladak Perak yang putus akibat erupsi Gunung Semeru. Jembatan tersebut merupakan akses utama Lumajang dan Malang.

”Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya korban letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur,” ujar Presiden Jokowi.

Jokowi juga sempat mengunjungi lokasi pengungsian korban terdampak awan panas Gunung Semeru di Lapangan Sumberwuluh. Presiden meninjau para korban di pengungsian dan memastikan kebutuhan pokok serta makanan pengungsi terpenuhi.

”Saya datang ke lokasi untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan untuk pencarian korban, kemudian juga evakuasi. Ini kita lihat juga untuk rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan Gunung Semeru,” ujar Jokowi yang datang bersama Mensekneg Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan posisi Jembatan Gladak Perak sangat vital. Jembatan tersebut menghubungkan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Akibat terputusnya jalur itu, wilayah Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, hanya bisa diakses dari Malang. Sementara itu, arus kendaraan dari Lumajang menuju Malang dan sebaliknya untuk sementara dialihkan melewati Probolinggo.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: