alexametrics

Wacana Kenaikan Gaji Kepala Daerah, Ganjar: Gaji Saya Utuh

7 Desember 2018, 19:38:52 WIB

JawaPos.com – Kementerian Keuangan sedang mengkaji kenaikan gaji kepala daerah sebagai strategi pemerintah meminimalisir tindak korupsi. Terkait wacana itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun memberikan tanggapannya.

“Sebenarnya itu sudah menjadi program pemerintah sejak lama. Setelah legislatif, eksekutif. Yudikatif kan sudah juga. Pernah saat rapat di istana sama presiden, banyak kepala daerah yang menanyakan soal itu. Meskipun buat saya, kalau selama itu bisa mengendalikan ya lebih baik,” katanya, Jumat (7/12).

Ganjar berharap, jika wacana ini nanti benar terlaksana, para kepala daerah bisa menjalankan birokrasi yang bersih. “Kalau sudah menerima hal itu, jangan lagi mengatakan tidak cukup. Prinsipnya memang manusia tidak akan pernah cukup. Maka mari kita ukur untuk tidak berlebih, karena ini amanah. Bukan mencari kaya,” katanya.

Disinggung mengenai adakah besaran pantas untuk gaji tersebut, Ganjar mengatakan itu tidak ada ukuran mengenai hal tersebut. Asalkan sandang, pangan, papan, kebutuhan pendidikan serta kesehatan keluarga sudah tercukupi saja.

“Kalau mau jadi kaya raya, turah-turah, mobile pitulas, yang harganya di atas Rp 2-3 miliar, ya boleh jadi pengusaha,” katanya.

Kemudian ditanya soal gajinya pribadi, katanya selalu mencukupi. “Gajiku utuh kok aku. Karena kita semua operasional saja dijamin kok, bensin wes ditukoke, klambi digawekke, sprei, AC rusak digantekke. Cukup lah,” cetusnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)

Wacana Kenaikan Gaji Kepala Daerah, Ganjar: Gaji Saya Utuh