JawaPos Radar | Iklan Jitu

Sesuai Janji Politik, Ridwan Kamil-Uu Petakan 12 Wilayah Pemekaran

07 Desember 2018, 01:25:59 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Sesuai Janji Politik, Ridwan Kamil-Uu Petakan 12 Wilayah Pemekaran
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum m (Siti Fatonah/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Jawa Barat merupakan Provinsi yang dihuni oleh 50 juta penduduk, terbanyak di seluruh Indonesia. Namun tidak sesuai dengan jumlah wilayah yang dimilikinya maka perlu adanya pemekaran wilayah lebih banyak lagi.

Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum merencanakan akan menyeimbangkan antara jumlah penduduk dengan wilayah melalui pemekaran. Bahkan disebutkan dalam rencana atau janji politik pada Pilgub Jabar 2018 lalu, akan ditambah sebanyak 12 wilayah baru.

"Bertahap tidak sekaligus 12, kita mengajukan tiga dulu. Kita punya target 12 sesuai dengan janji kampanye," kata Uu Ruzhanul Ulum di Gedung Sate Bandung, Kamis (6/12).

Menurutnya dengan 50 juta penduduk dan hanya memiliki 27 Kota Kabupaten dinilai kurang. Lain dengan daerah lain yang memiliki jumlah penduduk lebih sedikit dari Jabar namun jumlah wilayahnya sangat banyak.

"Maka di sini kami menuntut keadilan kepada Pemerintah Pusat," ucapnya.

Sebab, secara otomatis jima semakin banyak daerah otonom baru, maka akan semakin banyak Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) nya. Kalau semakin kecil, DAU dan DAK semakin kecil seperti yang dialami Jabar," ujarnya.

Sebagai ormag nomor dua di Jabar, Uu akan memaksa pemerintah pusat untuk mengizinkan atau mendorong pemekaran di Jabar. Karena tujuan pemekaran adalah pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat.

"Kenapa ada solusi untuk mensejahterakan masyarakat lewat pemekaran, kenapa dihambat?," tuturnya.

Pemekaran daerah saat ini sedang dibahas, koordinasi dan komunikasi dengan pihak Pemerintah Pusat. Karena Pemprov Jabar mendorong pemekaran daerah dan memunculkan daerah otonomi baru (DOB) untuk mensejahterakan juga pemerataan pembangunan di Jabar.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up