JawaPos Radar | Iklan Jitu

Gelombang di Perairan Natuna Capai 2 Meter

07 Desember 2018, 09:07:35 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Gelombang Laut
Kondisi perairan di Kecamatan Belakangpadang, Batam, Kepri. (Bobi Bani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Peningkatan tinggi gelombang mencapai dua meter terjadi di perairan Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri). Kondisi ini menjadi peringatan bagi nelayan. Sebab bisa membahayakan aktivitas melaut.

"Kalau hujan apalagi disertai angin kencang, pasti akan menyebabkan gelombang semakin besar. Sangat membahayakan," kata Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas 1 Hang Nadim Batam Nizam Mawardi, Jumat (7/12).

Peningkatan tinggi gelombang juga terjadi di Kabuputen Kepulauan Anambas. BMKG memperkirakan tinggi gelombang mencapai 1,5 meter dalam kondisi normal. Jika terjadi hujan, tinggi gelombang bisa dua kali lebih tinggi dari perkiraan semula.

Nizam melanjutkan, peningkatan tinggi gelombang di perairan Kepri memang sudah terjadi sejak beberapa hari belakangan. Untuk itu, pihaknya selalu memberikan informasi terbaru terkait dengan kondisi perairan di wilayah Kepri. Khususnya di daerah terluar seperti Natuna dan Anambas.

Sementara untuk wilayah lainnya, kondisi perairan masih tergolong kondusif. Meski demikian, di akhir tahun biasanya akan terjadi peningkatan tinggi gelombang karena angin yang bertiup dari Utara cukup kencang. "Kami imbau agar selalu waspada. Terutama untuk Natuna dan Anambas," pesan Nizam.

Untuk kondisi cuaca secara umum diperkirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Kondisi ini juga dapat disertai petir dan angin kencang. Hal tersebut dikarenakan adanya daerah pusaran angin di wilayah Kepri. Sehingga menyebabkan penumpukan massa udara yang cukup mendukung untuk pertumbuhan awan-awan.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up