alexametrics

Kawal Kapal Bermuatan BBM, Anggota TNI Ini Tewas Tenggelam Bersama 2 ABK

7 Desember 2016, 07:10:00 WIB

JawaPos.com – Kecelakaan laut terjadi di perairan sekitar depan Muara Bokoi Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel). Sebuah kapal nelayan jenis Jolor dengan muatan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar mengalami kecelakaan pada Sabtu (3/12) lalu sekitar jam 19.00 Wit.

Jolor terbalik dan tenggelam yang mengakibatkan 3 orang dari 5 orang Anak Buah (ABK) harus meregang nyawa.
Salah satu dari ABK adalah anggota TNI-AD yakni anggota Koramil Inanwatan Kopral Satu (Koptu) Dimara meninggal bersama 2 orang lainnya yakni Daeng Bolong dan Primus. Sedangkan 2 orang ABK yang selamat yakni Muktar dan Baso.

Dilansir dari Radar Sorong (Jawa Pos Group), kronologis kejadian yakni pada hari Sabtu (3/12) lalu sekitar jam 17.30 Wit jolor berangkat dari pelabuhan Teminabuan membawa muatan BBM jenis solar sekitar 5 ton untuk perusahaan kontaktor PT Wira Hari Karya.

Selanjutnya sekitar jam 19.30 Wit saat kapal berlayar di sekitar perairan Muara Bokoi, tiba-tiba dari arah samping datang ombak besar dan langsung menghantam badan kapal yang mengakibatkan terbalik dan ABK terjatuh ke laut.

Awalnya 3 orang sudah dalam posisi aman di atas kayu, namun karena anggota TNI berada dalam keadaan nyaris tenggelam membuat yang lain ikut membantu. Naas bagi ABK yang menolong malah ikut tenggelam.

Kedua korban selamat Muhtar dan Baso yang mengapung terdampar di Camp Nelayan Udang milik Anang pada keesokan harinya Minggu (4/12) siang sekitar jam 13.20 Wit. Korban menyampaikan kepada nelayan di Camp melapor ke Camp H.Abbas yang ada di pulau sebelah yaitu Pulau Seneboy.

Tidak lama kemudian pihak keluarga berangkat melakukan pencarian di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) Muara Bokoi, namun tidak membuahkan hasil. Mengingat cuaca sudah gelap, korban selamat dibawa pulang ke Teminabuan dan pencarian dilanjutkan hari Senin (5/12).

Pencarian yang melibatkan personil Koramil Teminabuan, personil Polair Sorsel, Basarnas dan keluarga di TKP Senin pagi kemarin membuahkan hasil. Para korban tewas ditemukan.

Anggota TNI-AD Koramil Inanwatan langsung dibawa ke RSUD Scholoo untuk divisum dan selanjutnya dimandikan untuk dibawa ke Sorong. Mengingat istri korban domisili di Sorong dan korban belum lama tugas di Koramil Inanwatan.

Korban ikut di Jolor dalam tugas pengamanan dan mengawal pengiriman BBM ke lokasi perusanaan. Bupati Samsudin Anggiluli ikut menyaksikan proses visum dan persiapan hingga pelepasan jenasah Koptu Dimara dibawa ke Sorong. (jus/sad/JPG)

Editor : admin



Close Ads
Kawal Kapal Bermuatan BBM, Anggota TNI Ini Tewas Tenggelam Bersama 2 ABK