Ribuan Warga Jateng Ramaikan Tasyakuran, Ganjar: Kalau Keliru, Jewer!

07/09/2018, 17:00 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Ganjar-Yasin membuka acara tasyakuran di Komplek Halaman Depan Gubernuran, Semarang, Jumat (7/9). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ribuan warga menggeruduk komplek Gubernuran Jawa Tengah, Semarang, Jumat (7/9) siang. Datang dari segala penjuru kota, mereka datang guna memeriahkan pesta rakyat bertajuk 'Tasyakuran Warga Jawa Tengah' yang digelar sebagai acara selamatan atas dilantinya Ganjar Pranowo dan Taj Yasin sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Acara pesta rakyat mengambil lokasi seluruh halaman depan kantor gubernuran dan kantor DPRD Jateng. Selain pertunjukkan kesenian rakyat, selametan ini juga menghadirkan puluhan stand kuliner dari 35 daerah.

Sejumlah jajaran pegawai dinas Pemprov Jateng tampak membaur dengan warga yang datang. Tak sedikit dari mereka yang ikut mengicip kuliner tersedia gratis. Dan benar saja, sepuluh ribu porsi makanan tak mampu bertahan lama.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dikerumuni warga yang memberikan selamat, Jumat (7/9). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)

Acara pun dibuka dengan iring-iringan musik dari rombongan marching band Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang. Penampilan memukau belasan anak laki-laki memainkan lagu musisi luar negeri serta shalawatan yang dikemas apik seakan mampu menghipnotis para penonton.

"Acara ini digarap dadakan karena memang acara pelantikan sendiri diajukan. Lalu saya berdisuksi dengan Gus Yasin (Taj Yasin) mau dibuatkan apa, dan kami setuju shalawatan yang nanti malam akan ada Habib Syech dan Mbah Moen (KH. Maimoen Zubair) InsyaAllah hadir," ujar Ganjar saat membuka acara.

Politisi PDIP itu pun mengajak seluruh masyarakatnya untuk kembali berangkulan, khususnya guna kepentingan pembangunan Jawa Tengah. Ia meminta masyarakat tak perlu ragu untuk mengkritisi manakala dirinya dan Gus Yasin mengambil kebijakan tak tepat. "Kami minta doa minta dukungan kalau kami berdua keliru, jewer!" sambungnya.

Lebih lanjut, jelang pemilihan presiden tahun depan, Ganjar berharap suasana adem ayem kala Pilgub 2018 kemarin bisa kembali terulang. Sehingga sekali lagi mampu menjadi panutan bagi daerah lain.

Sedangkan Gus Yasin memulai sambutannya dengan mengucap terimakasih kepada warga Jateng. Dia juga minta seluruh jajaran Forkopimda untuk bergandeng tangan erat demi kemakmuran masyarakat.

"Saya orang baru terjun di politik, tidak terkenal dan belum tau apa-apa, diberi kepercayaan ini saya terima kasih. Tanpa dukungan dan bantuan masyarakat saya tidak mungkin. Bersama forkominda mari bersama-sama membuat Jateng semoga lebih maju dan sejahtera. InsyaAllah kami tidak akan mengambil uang masyarakat," katanya.

Kemudian, acara dilanjut dengan acara pemotongan tumpeng sebagai bentuk ucapan syukur. Potongan tumpeng itu lantas diberikan kepada salah satu warga yang uniknya masih memakai kaos bergambar Ganjar dan Heru Sudjatmoko, Wakil Gubernur periode 2013-2018.

Acara ini rencananya berlangsung hingga jelang magrib nanti. Dan kemudian di tempat yang sama, bakal dilanjutkan dengan acara shalawatan bersama.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi