PD, Ini Alasan Gerakan OK OCE Akan Buka Jaringan Nasional

07/09/2018, 10:45 WIB | Editor: Erna Martiyanti
OK OCE Goes to Nasional (Reyn Gloria/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Dalam memperluas jaringan OK OCE, Ketua Perkumpulan Gerakan OK OCE (PGO) Faransyah Jaya telah melaunching OK OCE Goes to Nasional. Hal ini merupakan upaya penjangkauan wirausahawan yang lebih luas.

Awalnya, Faran melihat antusiasme masyarakat dari sosial media Instagram Sandiaga Uno. Sesuai penelusurannya, banyak masyarakat yang berteriak ingin diberikan kesempatan seperti masyarakat di Jakarta untuk dapat berwirausaha.

"Semuanya karena permintaan tinggi, dari yang kita pantau memang sosmednya Pak Sandi banyak sekali yang mau bergabung dan bukan hanya dari DKI. OK OCE sudah dimana-mana memang, ini tantangan memang," tuturnya di Mal Pelayanan Publik, Jakarta Selatan, Kamis (6/9).

Infografis OK OCE (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Menurut website okeoce.me, anggota OK OCE telah menembus angka 51 ribu orang di 35 Provinsi, 250 Kecamatan se-Indonesia. Dengan mayoritas anggota berada di DKI Jakarta, bahkan dalam website tersebut terdapat diagram alasan masyarakat bergabung dengan OK OCE.

"Adapula survei kita kan, dominasi mau gabung ya karena ingin berwirausaha. Terus paling banyak yang daftar perempuan biasa pasti emak-emak nih. Nah, Pendidikan paling banyak adalah SMA kenapa? Mau cari kerja nggak kuliah susah, kalau S1 bisa lah SMA mending usaha kan," terangnya.

Jika OK OCE bersinergi dengan Bank DKI, Faran berencana mengembangkan OK OCE Nasional dengan koperasi Baitul Mal wa Tamwil (BMT) walaupun memang belum dilaunching. Ke depan, bahkan adapula OK OCE Wakafan yang akan bekerjasama dengan Dompet Dhuafa.

"Kalau nasional, diharapkan gerakan yang kami angkat tidak berbenturan dengan Pemerintah Pusat, sehingga sifatnya jadi saling melengkapi. Jika pusat mau bergandeng tangan dengan PGO, kalau diajak ya pasti kerja sama," terangnya.

Lepas dari persoalan bayang-bayang bangkrut, Faran menegaskan akan tetap melanjutkan gerakan tersebut, bahkan akan menjajal dunia secara global. Diharapkan ini dapat menjadi ajang pembuktian keberhasilan para anggota OK OCE.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi