Lelang Proyek Tol Semarang-Demak Diklaim Sudah Rampung

07/09/2018, 21:11 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
ILUSTRASI: Jalan Tol Semarang-Demak yang sedianya dimulai pembangunannya pada pengujung tahun 2018 ini seperti diketahui akan memanfaatkan lahan pesisir pantai Pulau Jawa. (dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Proses lelang proyek tol Semarang-Demak dilaporkan sudah selesai. Tahapan mulai pembangunan pun diklaim Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah menemui titik terang.

"Tol demak sedang terus berproses. Ini sekarang mestinya sudah selesai lelang dengan pihak ketiga dari Kementerian PU. Saya belum tahu persis sudah sampai mana, tapi teman-teman di daerah mengatakan sudah ada titik-titik terang akan dilaksanakan untuk itu," ujarnya Sekretaris Daerah Jateng, Sri Puryono kala dijumpai di kantor gubernur, Semarang, Jumat (7/9).

Jalan Tol Semarang-Demak yang sedianya dimulai pembangunannya pada pengujung tahun 2018 ini seperti diketahui akan memanfaatkan lahan pesisir pantai Pulau Jawa. Infrastruktur sepanjang 27 kilometer itu juga bakal difungsikan menjadi tanggul laut sebagai penghalau banjir rob yang kerap melanda kawasan pinggir Kota Semarang dan Kabupaten Demak.

Dibangun pada lahan seluas 535 hektar, Sri berujar akan ada sebagian tanah milik warga yang terdampak dan bakal diganti rugi oleh pemerintah. "Kita ada juga ada pembebasan lahan milik masyarakat, kalau yang di laut itu dikuasai negara, tinggal memberi patok saja,” terangnya lagi.

Sebagaimana diketahui, jalur kawasan utara Pulau Jawa memiliki tingkat kepadatan lalu lintas yang lumayan padat. Dan jalan tol Semarang-Demak ini nantinya diharapkan mampu meningkatkan aksebilitas dan kapasitas jaringan jalan pada lokasi tersebut.

Setelah periode pengadaan tanah yang diperkirakan rampung akhir tahun nanti, proyek pembangunan rencananya bakalan dimulai dari Kelurahan Terboyo Kulon, Kelurahan Terboyo Wetan, dan Kelurahan Trimulyo di Kota Semarang. Sementara di Kabupaten Demak yaitu Desa Sri Wulan, Desa Bedono dan Desa Purwosari.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi