JawaPos Radar

Langkah Pertama Ridwan Kamil Jadi Gubernur Jabar

07/09/2018, 18:39 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Langkah Pertama Ridwan Kamil Jadi Gubernur Jabar
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melaksanakan tugas hari pertama di Gedung Sate, Bandung, Jumat (7/9). (Siti Fatonah/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Hari pertama bertugas sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terus melakukan observasi semua hal, termasuk penataan Gedung Sate. Pasalnya setelah melihat sekeliling bangunan bersejarah itu, akan ada rencana perombakan suasana.

Pekan depan, Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, akan me-launching program Jabar Quick Response untuk pelayanan publik. Tujuannya agar semua keluhan masyarakat Jabar bisa langsung ditanggapi. Selain itu, ada program penataan kawasan kantor.

"Sehingga kita ingin Gedung Sate ini ramah kepada wisatawan lebih dari yang sekarang," kata Kang Emil di Gedung Sate, Bandung, Jumat (7/9).

Harapannya, program penataan kantor bisa terlaksana. Sebab, program Kang Emil bersama wakilnya, Uu Ruzhanul Ulum, terbagi dalam tiga fase, yakni program 100 hari, tiga tahun, dan lima tahun. Sehingga terkait penataan Gedung Sate bisa dikerjakan dalam satu tahun.

"Menata Gedung Sate, itu anggaran 2019, (alasannya) saya punya mata sebagai arsitek. Ini (gedung) banyak ruang-ruang mubazir yang sebenarnya lebih baik dimanfaatkan untuk rakyat, kayak ruang belakang (taman)," jelasnya.

Sehingga Gedung Sate tidak terkesan angker atau terlalu formal seperti istana. Ini adalah rumah rakyat, selama tidak masuk ke ruang-ruang yang privat, masyarakat boleh berinteraksi. Maka, taman belakang Gedung Sate akan disulap menjadi pelataran.

Selain halaman belakang, besar kemungkinan ruang-ruang lain pun akan diubah. Seperti halnya pressroom Pokja Gedung Sate, Kang Emil menawarkan untuk pindah ruangan karena dianggap terlalu sempit.

(ce1/ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up