Bawaslu Bontang Tolak Gugatan DPC Partainya Yusril Ihza Mahendra

07/09/2018, 05:50 WIB | Editor: Estu Suryowati
Suasana sidang ajudikasi penyelesaian sengketa proses pemilu yang digelar Bawaslu Bontang, Kamis (6/9). (dok. Bontang Post/Jawa Pos Group)
Share this

JawaPos.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bontang menolak sepenuhnya gugatan DPC Partai Bulan Bintang (PBB) yang mengajukan sengketa kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ketua Bawaslu Bontang Nasrullah menyatakan, putusan sidang ajudikasi berdasarkan fakta persidangan dan alat bukti.

"Karena tidak ada kesesuaian dari pihak pemohon baik saksi, alat bukti, dan lainnya," jelas Nasrullah usai sidang putusan di Kantor Bawaslu Bontang, dikutip dari Bontang Post (Jawa Pos Group), Jumat (7/9).

Nasrullah mengatakan, pemohon bisa mengajukan koreksi ke Bawaslu Kaltim jika merasa tidak puas. Hal itu dibolehkan pada Perbawaslu Nomor 18 Tahun 2017 tetapi hanya satu hari kerja setelah sidang putusan ini.

Bawaslu Bontang Tolak Gugatan DPC Partainya Yusril Ihza Mahendra. (dok. JawaPos.com)

"Tetapi kami tidak tahu mereka (PBB Bontang) mau melakukan koreksi atau tidak. Karena kami melakukan putusan berdasarkan fakta saat persidangan baik itu alat bukti maupun saksi-saksi," ungkapnya.

Sebelum melakukan putusan, kata Nasrullah, pihaknya juga telah mempelajari mekanisme dalam penyelesaian sengketa proses pemilu. Selain itu, pihaknya juga sudah berkoordinasi dan konsultasi dengan Bawaslu Kaltim agar setiap prosesnya digelar sesuai prosedur.

"Sidang ajudikasi penyelesaian sengketa proses pemilu baru ini digelar di Bontang," ujarnya.

Nasrullah menyebut, potensi kerawanan pasti ada dalam setiap proses pemilu. Baik itu dari partai politik maupun peserta pemilu yang merasa tidak sesuai dengan hasil putusan KPU. Nasrullah berharap sidang penyelesaian sengketa cukup sekali.

Guna mencegah konflik pemilu, Bawaslu akan berupaya melakukan berbagai sosialisasi dan imbauan yang bermanfaat bagi parpol maupun peserta pemilu. "Kami juga akan melakukan intensitas pengawasan," tandasnya.

Hadir dalam sidang tersebut seluruh komisioner KPU Bontang sebagai termohon dan Ketua DPC PBB Bontang Ahmad beserta sekretarisnya.

(jpg/est/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi