Peduli Korban Gempa Lombok, Jurnalis Cirebon Galang Donasi

07/08/2018, 22:05 WIB | Editor: Budi Warsito
Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra turut berpartisipasi mendonasikan ke Jurnalis Cirebon Peduli untuk korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (7/8). (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Berempati atas musibah gempa yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sekitarnya, para jurnalis di wilayah Cirebon dan Komunitas Peduli Pena melakukan penggalangan dana.

Penggalangan dana untuk para korban gempa ini, dilakukan di instansi pemerintahan dan masyarakat umum. Aksi sosial itu dilakukan sebagai bentuk prihatin, karena salah seorang jurnalis di Lombok ikut menjadi korban gempa.

Koordinator Aksi Sosial Jurnalis Cirebon Peduli Lombok, Faisal Nurathman mengatakan, tujuan dari penggalangan donasi tersebut sebagai wujud empati atas jeritan korban musibah gempa di Lombok.

"Kami memantau perkembangan kondisi di Lombok akibat gempa. Di sana, masih dalam keadaan kritis, banyak yang kehilangan tempat tinggal. Jurnalis Cirebon hanya bisa sedikit meringankan beban," katanya usai menggalang donasi, Selasa (7/8).

Pengumpulan donasi pada hari pertama, dilakukan di lingkungan Pemkab Cirebon. Sejumlah awak media mendatangi Kantor Bupati Cirebon dan Gedung DPRD Kabupaten Cirebon serta sekitar kawasan perkantoran Pemkab Cirebon.

Selain menyambangi kantor-kantor pemerintahan, rencananya aksi tersebut akan dilakukan di tengah masyarakat. Termasuk menerima donasi dari pihak lain melalui rekening Komunitas Pena Peduli.

"Pada hari ini, total donasi yang terkumpul sekitar Rp 7,7 juta. Besok rencananya akan kembali menggalang donasi," ujarnya.

Donasi yang terkumpul kata Faisal, akan disalurkan melalui lembaga penyalur bantuan yang resmi atau direkomendasikan oleh pemerintah. "Proses penggalangan donasi dilakukan secara transparan. Seluruh donasi yang terkumpul selanjutnya akan kami salurkan kepada warga Lombok," katanya.

Suhanan jurnalis lainnya mengatakan, aksi sosial dilakukan oleh kalangan pekerja pers itu sangat apresiatif. Di sela kesibukan mencari berita, Jurnalis Cirebon masih peduli kepada korban gempa di Lombok.

Meski nilai bantuan belum seberapa, akan tetapi para jurnalis di Cirebon berupaya meringankan para korban gempa di Lombok. "Aksi sosial semacam ini meningkatkan kebersamaan antar jurnalis di Cirebon," katanya.

(wiw/JPC)

Alur Cerita Berita

Mewujudkan Mitigasi lewat Tata Ruang 07/08/2018, 22:05 WIB
Gempa, Konstruksi, dan Edukasi 07/08/2018, 22:05 WIB
Unhas Kirim Tim Medis ke Lombok 07/08/2018, 22:05 WIB

Berita Terkait

Rekomendasi