ITS Bantu Renovasi Rumah Korban Gempa Lombok

07/08/2018, 11:00 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Ilustrasi gempa bumi (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Bantuan untuk korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), terus mengalir. Sejumlah instansi pemerintah, swasta, hingga lembaga pendidikan ikut turun tangan membantu para korban.

Termasuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Mereka akan mengirim tim gabungan Departemen Teknik Sipil, Rabu (8/8) besok. Tim tersebut akan fokus mengidentifikasi serta merenovasi beberapa bangunan yang hancur pasca gempa.

Ketua Laboratorium Beton Teknik Sipil ITS Prof. Priyo Suprobo menjelaskan, ada empat orang yang akan diterjunkan ke titik bencana. Mereka merupakan bagian dari Pusat Studi Kebumian Bencana dan Perubahan Iklim (PSKBPI). "Kami akan membantu masyarakat setempat untuk mengevaluasi rumah-rumah mereka," jelas pria yang akrab disapa Probo tersebut, Selasa (7/8).

Setelah tiba di lokasi, tim akan memetakan mana saja rumah yang masih layak huni. Lalu mana rumah yang harus diperkuat, dan mana saja rumah yang sudah tidak bisa ditempati. ITS akan menggandeng Universitas Mataram (Unram) yang lebih memahami medan bencana.

Selain membantu mengevaluasi rumah, tim gabungan ITS juga akan melakukan sosialisasi. Terutama memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana membangun rumah yang strukturnya tahan terhadap gempa.

Oleh sebab itu, mereka akan memberikan software bernama Rapid Visual Screening ITS (RV SITS). "Software ini berfungsi untuk mitigasi bangunan tahan gempa. Bisa mengetahui sebuah konstruksi itu lemah atau tidak terhadap gempa. Software ini akan kami berikan kepada tim dari Unram," tambah Probo.

Secara terpisah, Ketua Tim Gabungan Ir Faimun berharapa software itu bisa bermanfaat bagi masyarakat. "Software ini harus dijalankan oleh para ahli. Masyarakat tidak bisa mengoperasikan langsung," ucapnya.

(did/JPC)

Alur Cerita Berita

Mewujudkan Mitigasi lewat Tata Ruang 07/08/2018, 11:00 WIB
Gempa, Konstruksi, dan Edukasi 07/08/2018, 11:00 WIB
Unhas Kirim Tim Medis ke Lombok 07/08/2018, 11:00 WIB

Berita Terkait

Rekomendasi