JawaPos Radar

Gubernur Ngotot Boyong Anak Buahnya Rapat Sambil Berlayar

07/08/2018, 17:44 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Rapat Sambil Berlayar, pemprov sulsel rapat berlayar, Gubernur Sulsel rapat berlayar
Ilustrasi: kapal pesiar. Pemprov Sulsel berencana menggelar rapat di atas kapal sambil berlayar. (Gene Sloan/USA TODAY)
Share this

JawaPos.com - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Soni Sumarsono ngotot memboyong ratusan anak buahnya untuk berlayar bersama dari Pelabuhan Makassar menuju Surabaya. Padahal, rencana tersebut ditentang sejumlah pihak, terutama DPRD Sulsel.

Soni mengklaim, berlayar sambil rapat menggunakan kapal laut lebih efisien dan efektif. Kegiatan ini tak lagi menggunakan kapal Pelni khusus yang dicarter, tetapi menggunakan kapal penumpang. Sehingga peserta rapat yang diperkirakan kurang lebih 300 orang akan membeli tiket layaknya penumpang kapal laut lainnya.

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri itu menganggap dengan rapat sambil berlayar, semua masalah di Pemprov Sulsel bisa tuntas dibahas dalam satu hari. "Jika di waktu biasa kita perlu lima kali rapat. Maka rapat ini (di atas kapal laut) cukup sehari. Sebetulnya ini agenda internal SKPD. Kita kebetulan juga ingin melibatkan DPRD dan tim transisi,” beber Soni kepada FAJAR (Jawa Pos Group) saat ditemui di DPRD Sulsel, Senin (6/8).

Soni Sumarsono, Pjs Gubernur Sulsel, pemprov rapat berlayar
Pjs Gubernur Sulsel Soni Sumarsono. (Syahrul Ramadhan/JawaPos.com)

Biaya tiket kapal pun menurutnya lebih murah ketimbang biaya pesawat. Cukup menggunakan anggaran perjalanan dinas masing-masing pejabat.

Soni mengaku akan mempertimbangkan rencananya ini jika memang mendapat penolakan dari banyak pihak. "Berarti agenda ini harus diganti dengan lima kali rapat, untuk membahas semua,” tambahnya.

Terpisah, Ketua DPRD Sulsel Moh Roem mengatakan, rapat sambil berlayar sebetulnya bagus. Akan tetapi, bahan yang disiapkan bukan bahan mentah, mesti dibahas baik-baik sebelum berlayar. "Jangan sampai tidak selesai rapatnya pas kita sampai tujuan,” tambahnya

(fab/jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up