alexametrics

Bantu Korban Gempa Lombok, PMI Solo Kirim 50 Kantong Darah

7 Agustus 2018, 17:36:57 WIB

JawaPos.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Solo mengirimkan 50 kantong darang untuk para korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (7/8). Pengiriman dilakukan menggunakan jalur udara dan diangkut menggunakan pesawat Lion Air dari Bandara Adi Sucipto, Jogjakarta.

Darah yang dikirimkan terdiri dari golongan A sebanyak lima kantong, AB lima kantong, O sebanyak 20 kantong dan golongan darah B sebanyak 20 kantong.

“Jumlah ini disesuaikan dengan kebutuhan darah di Lombok, dan kami juga sudah berkoordinasi dengan PMI di Lombok,” terang Direktur Akademi Transfusi Darah PMI Solo, Titis Wahyuono kepada JawaPos.com.

Lebih lanjut Titis mengatakan, pengiriman 50 kantong darah ini merupakan tahap pertama. Tetapi, tidak menutup kemungkinan, jika nantinya PMI Mataram masih membutuhkan, PMI Solo akan langsung mengirimkan darah lagi.

“Data dari Mataram menyebutkan banyak korban luka dan membutuhkan darah, maka kami menyiapkan diri jika sewaktu-waktu ada kebutuhan di NTB langsung bisa dibantu,” ungkapnya.

Mengenai pengiriman darah ini, Titis mengatakan, perlu ada perlakuan khusus termasuk juga waktu yang diperlukan dalam pengiriman. Mengingat, jika pengiriman terlalu lama memakan waktu maka dikhawatirkan darah rusak dan tidak bisa digunakan.

Maka dari itu, pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan Lion Air selaku maskapai yang akan mengangkut 50 kantong darah. Selain itu, PMI Solo juga sudah berkoordinasi dengan PMI Mataram. Jika nantinya darah sudah sampai di Bandara Praya agar bisa langsung diangkut ke PMI Mataram.

“Pengiriman pada intinya yang harus diperhatikan adalah rantai dingin, dan usahakan agar temperaturnya tidak naik. Kami menjaga temperaturnya 4 plus minus dua derajat celcius. Nanti dari Lion Air juga menyiapkan petugas khusus,” urainya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (apl/JPC)

Bantu Korban Gempa Lombok, PMI Solo Kirim 50 Kantong Darah