alexametrics

Bahaya! Stok Darah PMI di Wilayah Ini Sekarat

7 Agustus 2017, 00:44:50 WIB

JawaPos.com – Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Bulungan kembali ‘sekarat’. Bahkan hingga kemarin (4/8) dari empat jenis golongan darah hanya AB yang paling banyak, hanya 5 kantong. 

Meski begitu jumlah tersebut masih sangat minim dan tidak akan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan bulan ini. Terlebih kebutuhan darah ini tidak bisa dipastikan.

Staf Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Bulungan, Farhat mengatakan, menipisnya stok karena minimnya jumlah pendonor  satu bulan terakhir.

“Tapi kami tidak diam, kami masih berupaya memenuhi kebutuhan stok darah di Bulungan,” kata Farhat kala ditemui di tempat kerjanya, sebagaimana dilansir dari prokal (Jawapos group).

Terutama untuk golongan darah O yang saat ini hanya tersisa tiga kantong. Golongan darah ini merupakan jenis yang paling banyak dibutuhkan rumah sakit.

Upaya yang akan dilakukan, kata dia, melakukan pendekatan dengan menghubungi pendonor rutin dan mengirimkan surat ke berbagai instansi untuk mendonor darah. “Kami juga mencari momen bagus, dengan bisa buka posko donor darah,” jelasnya.

Untuk posko rencanaya akan dibuka tanggal 15-16 Agustus. Untuk ini, pihaknya akan bekerja sama dengan Universitas Kalara. “Informasi yang saya terima, Unikaltar menggelar kegiatan 17 Agustus, momen ini kami manfaatkan,” ujarnya.

Sementara di bulan September, PMI akan bekerja sama dengan SMA 1 tanjung selor. “ Target kami bulan depan bisa mendapatkan 80 kantong,” katanya.

Sementara sistem door to door atau dari rumah ke rumah juga tetap dilaksanakan, hanya durasinya lebih sedikit dibandingkan saat bulan Ramadan lalu. “Terlebih banyak petugas kami yang cuti,” ungkapnya.

Dia menambahkan, PMI juga masih berusaha memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk membiasakan diri mendonorkan darahnya. “Karena itu kami gencar pendekat dan sosialisasi ke masyarakat,” sebutnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : (dms/JPC)

Bahaya! Stok Darah PMI di Wilayah Ini Sekarat