alexametrics

Sebanyak 19 Pedagang Lakukan Tes Cepat Lanjutan Positif Covid-19

7 Juni 2020, 07:06:16 WIB

JawaPos.com–Perusahaan Umum Daerah Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, Bali, melakukan tes cepat lanjutan (swab test) terhadap pedagang Pasar Badung. Itu dilakukan setelah dua orang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19.

Dirut Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar Ida Bagus Kompyang Wiranata seperti dilansir dari Antara di Denpasar menjelaskan, pelaksanaan tes cepat lanjutan itu sebagai tindak lanjut awal menyikapi dua orang pedagang Pasar Badung yang dinyatakan positif Covid-19.

”Kami bersama petugas Puskesmas I Denpasar Barat melakukan tindakan tes lanjutan terhadap pedagang Pasar Badung. Selain untuk memastikan kondisi kesehatan pedagang sekitar, hal ini juga sebagai upaya menberikan rasa aman dan nyaman serta sehat bagi pengunjung dan pedagang Pasar Badung,” ujar Ida Bagus Kompyang Wiranata.

Dia mengatakan, 19 orang pedagang yang berada pada radius 10 meter dari lokasi lapak pedagang yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 mengikuti swab test guna memastikan status kesehatannya. ”Setelah berkoordinasi dengan Puskesmas I Denpasar Barat, kami langsung laksanakan swab test untuk para pedagang dalam radius 10 meter dari lokasi lapak pedagang yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19,” terang Ida Bagus Kompyang Wiranata.

Menurut dia, untuk saat ini, lokasi pedagang yang dinyatakan positif Covid-19, akan ditutup selama 14 hari. Sedangkan untuk pedagang bersebelahan pada radius 10 meter akan ditutup sementara selama tiga hari.

”Untuk keamanan dan keselamatan kesehatan bersama, saat ini pedagang yang bersebelahan akan ditutup selama tiga hari, nanti sambil menunggu hasil tes cepatan lanjutan itu. Apabila hasilnya semua negatif, pedagang di sebelahnya bisa dibuka setelah tiga hari. Untuk mensterilkan lokasi dan seluruh areal Pasar Badung kami lakukan penyemprotan disinfektan setiap hari, sehingga lokasi tersebut bisa steril,” kata Ida Bagus Kompyang Wiranata.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar Dewa Gede Rai menyebutkan, secara kumulatif kasus Covid-19 di Kota Denpasar sebanyak 117 kasus. Rinciannya adalah 66 sembuh, dua orang meninggal dunia, dan 49 orang masih dalam perawatan.

Hasil penelusuran tim gugus tugas di Kota Denpasar secara kumulatif terdapat status orang tanpa gejala (OTG) 704 kasus, sebanyak 359 dinyatakan sehat setelah isolasi mandiri, sehingga tersisa 345 OTG. Orang dalam pemantauan (ODP) secara akumulatif tercatat 299 kasus. Yang sudah menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan sehat sebanyak 264, masih tersisa 35 ODP. Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) secara akumulatif sebanyak 79 kasus, sebanyak 29 orang sudah dinyatakan negatif setelah menjalani tes cepat lanjutan (swab test), sehingga tersisa 50 PDP.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara



Close Ads