alexametrics

Pemprov Jatim Mulai Uji Coba Rest Area Non-Tol

7 Juni 2019, 16:31:22 WIB

JawaPos.com – Proyek pembangunan rest area arteri Trenggalek-Ponorogo mulai bisa dirasakan publik. Sebab, Pemprov Jatim beserta beberapa instansi telah menggelar uji coba pemakaian fasilitas tersebut selama arus mudik-balik tahun ini.

Pemprov memproyeksikan rest area di arteri Trenggalek-Ponorogo itu menjadi yang pertama untuk jalur non-tol. Sebagaimana diketahui, selama ini mayoritas rest area berada di jalur tol. Kepala Bakorwil Madiun Gatot Gunarso menyatakan, rest area tersebut tak hanya menjadi tempat istirahat pengguna jalan.

”Sesuai arahan Ibu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa, Red), rest area itu juga nanti bisa menjadi salah satu pusat perekonomian baru di wilayah selatan Jatim,” katanya. Nah, dalam uji coba kali ini, Khofifah ingin para pemudik bisa mulai memanfaatkan rest area non-tol tersebut.

Dalam uji coba itu, pemprov bekerja sama dengan beberapa instansi. Salah satunya dalam penyediaan posko mudik bersama jajaran kepolisian.

Pemprov juga bekerja sama dengan salah satu BUMD untuk menyediakan fasilitas istirahat hingga snack. Kerja sama juga dijalin dengan pemkab setempat untuk menyediakan sekaligus mengenalkan potensi kuliner khas wilayah tersebut.

Pembangunan rest area jalur non-tol pertama itu dilangsungkan pemerintah melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Proyek tersebut menelan dana sekitar Rp 70 miliar. Rest area itu dibangun di jalan arteri Trenggalek-Ponorogo di Km 16-18. Dulu, lokasi tersebut termasuk daerah rawan longsor. Namun, sejak 2018, pemerintah membangun tembok penahan longsor.

Di rest area itu, pemprov akan membuat pusat inkubasi ekonomi kawasan Selingkar Wilis. Warga yang memiliki jadwal ke arah Trenggalek-Ponorogo mungkin sebaiknya mencoba berhenti di rest area tersebut. Sekadar beristirahat maupun menambah spot selfie. Sebab, pemandangan di sekitar rest area itu cukup menarik.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ris/c13/gun


Close Ads