alexametrics

Catat! Polisi Larang Warga yang Berswafoto di Sepinya Jalanan Ibu Kota

7 Juni 2019, 10:24:23 WIB

JawaPos.com – Fenomena berswafoto di jalan protokol ibu kota menjadi trending topic di media sosial dengan #JakartaSepi. Namun, kegiatan berswafoto saat jalanan sepi tidak diperbolehkan oleh aparat kepolisian. Hal ini lantaran menggangu aktivitas kendaraan yang akan melintas disana.

Kasubdit Bin Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Muhammad Nasir mengatakan hal itu dapat menimbulkan bahaya bagi pengendara.  “Maka seyogyanya tidak menggunakan jalan untuk kegiatan diluar fungsi karena dapat mengakibatkan kejadian yang dapat mebimbulkan fatalitas bagi dirinya maupun bagi orang lain,” kata Nasir saat dihubungi, Kamis (6/6).

Sbenarnya, kata dia, tidak mau ambil pusing soal masyarakat yang hobi berfoto. Tapi, kiranya hal itu tidak sampai menggangu aktivitas orang lain seperti foto di jalan raya. “Memang itu tidak elok, tapi sebelum melakukan itu masyarakat harus berpikir dulu. Bisa tidak menjamin keselamatan diri dan orang lain,” ucapnya.

Dia menyebut saat jalan Jakarta tak padat dari kendaraan bukan berarti tak ada bahaya yang mengancam di jalan raya. Karena jalan lengang, pasti pengendara yang melintas akan memacu kendaraannya dengan cepat. “Seperti misalnya orang lagi melaju sekitar 60 km per jam. Lalu tiba-tiba ada orang (lagi foto di tengah jalan), itu kan beresiko sekali,” ujar Nasir.

Nasir menjelaskan kalau fungsi jalan itu diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009.  “Fungsi jalan yaitu sebagai lalu lintas bagi kendaraan bermotor, kendaraan tidak bermotor seperti sepeda atau gerobak, dan pejalan kaki. Diluar itu bukan merupakan fungsi jalan. Oleh karena itu bila ingin menggunakan jalan secara permanen diluar fungsi tersebut maka harus mendapatkan izin dari stake holder termasuk Polri,” kata Nasir lagi.

Sebelumnya, momen Lebaran tak hanya dirasakan kegembiraannya bagi yang merayakan saja. Yang tidak, punya cara lain untuk membuat momen libur Lebaran tetap terasa menyenangkan selain mengunjungi mall atau tempat hiburan lainnya.

Warga Jakarta yang tidak bepergian kemana-mana meluapkan kegembiraannya dengan merasakan suasana sepi. Ya, Jakarta selain momen liburan Hari Raya seperti Lebaran memang selalu penuh sesak baik lalu lintasnya maupun pergerakan orangnya untuk bekerja dan aktivitas lainnya.

Suasana Jakarta di hari kedua Lebaran yang sepi bahkan sampai memunculkan tagar #JakartaSepi di Twitter. Obrolan soal #JakartaSepi disertai dengan unggahan foto nyeleneh dari warganet di Twitter pun membuat suasana Jakarta tampak berbeda dari biasanya.

“Masih edisi #JakartaSepi karena seseneng itu akhirnya bs foto kayak gini juga. Penuh perjuangan bangun pagi, makeup, bawa property, diteriakin gelo (gila), takut ditabrak mobil dan banyak hal lainnya! Lebaran pertama di Jakarta seru banget si,” tulis netizen di Twitter dengan akun @syelinaba.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Muhammad Ridwan