alexametrics

Pemkot Palembang Buat Perda Kompensasi Pembangunan Gedung Bertingkat

7 Maret 2021, 16:07:26 WIB

JawaPos.com–Pemerintah Kota Palembang berencana membuat peraturan daerah (Perda) tentang kompensasi pembangunan gedung bertingkat yang melebihi batas maksimal rencana tata ruang wilayah (RTRW). Hal tersebut untuk mengoptimalkan investasi dan percepatan ekonomi.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang Ahmad Mustain seperti dilansir dari Antara mengatakan, adanya perda terkait kompensasi itu membuka peluang investor membangun gedung bertingkat di tengah pemukiman padat penduduk seperti Kota Jakarta.

”Perda itu dibutuhkan sebagai payung hukum,” ujar Ahmad Mustain pada Minggu (7/3).

Menurut dia, belum adanya payung hukum terkait kompensasi gedung bertingkat, menghambat masuknya investasi karena kerap tidak sesuai dengan aturan RTRW. Seperti salah satunya rencana sebuah perusahaan yang ingin membangun apartemen 34 lantai di Kawasan Lapangan Hatta.

Pemkot Palembang tidak mengizinkan rencana investasi senilai Rp 600 miliar tersebut karena RTRW Lapangan Hatta hanya boleh didirikan bangunan maksimal dua lantai. Sehingga, pengembang disarankan mengambil lokasi lain yang telah disiapkan pemkot atau mengubah konsep.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: