alexametrics

3 Pelajar Masuk Penjara karena Curi Smartphone

7 Maret 2019, 19:00:09 WIB

JawaPos.com – Kedapatan mencuri smartphone, tiga pelajar di salah satu SMAN, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), diringkus jajaran Polsek Sumpur Kudus. Para pelaku masing-masing G, 20, DO, 19, dan SW, 20.

Meski masih berstatus pelajar, ketiganya terpaksa diproses secara hukum. Sebab, usia ketiganya tidak lagi tergolong di bawah umur.

“Kasusnya di proses sesuai ketentuan hukum pidana,” kata Kapolres Sijunjung AKBP Driharto membenarkan, Kamis (7/3).

Penangkapan ketiga pelajar ini berawal dari laporan korban Gema yang mengaku kehilangan smartphone ke Polsek Sumpur Kudus pada (3/3) lalu. Selain itu, korban juga melacak keberadaan telepon pintarnya menggunakan aplikasi pencarian perangkat.

“Hasilnya, keberadaan smartphone korban diketahui di sebuah konter HP di kawasan Guguak Cino, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar,” bebernya.

Lalu, korban pun kembali melaporkan keberadaan teleponnya ke petugas. Setelah di datangi polisi bersama korban, pemilik konter mengaku membeli smartphone itu dari orang yang tidak dikenal.

Lalu, korban pun menunjukkan foto orang yang dicurigai kepada pemilik konter. “Pemilik konter membenarkan bahwa orang yang ditunjukkan oleh korban itu menjual kepadanya. Smartphone itu dijual seharga Rp 1 juta,” katanya.

Setelah itu, petugas pun langsung melacak keberadaan pelaku. Ketiganya diringkus di kediaman masing-masing tanpa perlawanan. “Pelaku mengakui perbuatannya. Hasil penjualannya dibagi tiga,” katanya.

Saat ini, ketiganya meringkuk di sel tahanan Polres Sijunjung. Atas perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 363 Ayat 1 ke 4 e jo Pasal 480 KUHP. 

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Riki Chandra

Copy Editor :

3 Pelajar Masuk Penjara karena Curi Smartphone