alexametrics
Teror Pembakaran Kendaraan

Polda Jateng Tambah Personel, Kodam IV Diponegoro Kerahkan Intel

7 Februari 2019, 22:12:27 WIB

JawaPos.com – Kepolisian Daerah Jawa Tengah menambah jumlah personel guna mengantisipasi terjadinya kembali kasus pembakaran kendaraan di wilayahnya. Total, saat ini sudah ada sekitar 1.200 pasukan yang diturunkan.

Hal itu disampaikan Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono saat dijumpai di Wisma Puri Gedeh, Kota Semarang, Kamis (7/2) malam. Dirinya menyebut, penambahan personel ini selain untuk mengantisipasi juga mengungkap kasus pembakaran yang sudah berlangsung sebulan lebih.

“Di Semarang sudah kita berikan perkuatan hampir 750 (personel). Kendal kita tambah 200 yang berseragam untuk masuk ke kelurahan-kelurahan,” kata Kapolda.

Polda Jateng Tambah Personel, Kodam IV Diponegoro Kerahkan Intel
INFOGRAFIS: Teror Pembakaran Kendaraan di Jateng (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Selain itu, di Kabupaten Kendal, kata Condro, juga dikerahkan sebanyak 120 anggota Reserse untuk fungsi pengungkapan. “Sudah hampir 1.200 lebih,” sambungnya.

Kasus pembakaran kendaraan bermotor ini diketahui juga telah meluas hingga Kabupaten Grobogan. Menilik hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) pembakaran angkot di Tegowanu, didapati motif dan modus operandi serupa.

“Grobogan kita minta Kapolresnya untuk menghitung, pemukiman-pemukiman yang rawan dan potensi kejadian, ada akses untuk pelarian. Itu didata, kita berikan bantuan tambahan bantuan pengamanan,” kata Condro lagi.

Dengan meluasnya kasus pembakaran kendaraan ini, Condro berjanji untuk mengungkap dengan segera. Apalagi sekarang juga sudah ada bantuan dari Mabes Polri.

“Sampai saat ini tim sudah berusaha, jadi kita tidak bisa berikan target. Tapi kita intinya ingin secepatnya, karena kejadian di Polres, Polda turun, Mabes turun, itu artinya kepolisian ini berusaha semaksimal mungkin untuk mengungkap,” tandasnya.

Sementara, Pangdam IV Diponegoro, Mayjend M. Effendi menyatakan, TNI selalu siap mem-back up dalam upaya penanganan ini. Bahkan, unit intel turut dikerahkan. “Pada intinya kami siap membantu mulai dari pengungkapan, preventif, penguatan kepada masyarakat,” katanya.

“Intel pasti kami kerahkan. Seperti di Kodim itu kan ada unit intel. Kami untuk memperkuat Polri. Masih kita gunakan satuan-satuan organik kita untuk mem-back up kepolisian,” tutupnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Polda Jateng Tambah Personel, Kodam IV Diponegoro Kerahkan Intel