alexametrics

Masa Kampanye Terlalu Lama, Haedar Nashir: Empat Bulan Sudah Cukup

7 Februari 2019, 16:01:07 WIB

JawaPos.com- Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir menilai jika masa kampanye Pemilu 2019 terlalu lama. Menurutnya, masa kampanye yang ideal berlangsung selama 4 bulan saja.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menentukan masa kampanye berlangsung mulai 23 September 2018 hingga 13 April 2019 mendatang. Artinya, kampanye dilakukan selama 8 bulan.

“KPU jauh lebih tahu, paling lama empat bulan lah,” ujarnya saat berkunjung ke Malang, Kamis (7/2).

Menurutnya, baik dari KPU maupun calon yang akan berlaga pada kontestasi pemilu sudah terlatih. Sehingga, tidak perlu lagi memakan waktu lama untuk berkampanye. “Karena kan sudah terlatih, baik yang kampanye maupun yang dikampanyekan. Empat bulan sudah cukup itu,” terangnya.

Dia mengungkapkan, durasi masa kampanye yang cukup panjang terkesan tidak produktif. Selain itu, juga bisa menimbulkan tensi tinggi.

“Agar rakyat juga tidak terbawa susasa. Karena apapun politik itu pada arah yang kompetitif, kontestasi itu selalu menimbulkan siapa lawan siapa, menang dan kalah, masing-masing berikhtiar untuk mencari dukungan sebesar-besarnya. Akhirnya menimbulkan gesekan satu sama lain,” paparnya.

Oleh sebab itu, masa kampanye yang lebih singkat bisa mengantisipasi terjadinya gesekan. “Ini sekadar masukan. Soal plus minusnya empat bulan jadi lima bulan atau tiga bulan, itu monggo, tergantung KPU,” tutupnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Fiska Tanjung



Close Ads
Masa Kampanye Terlalu Lama, Haedar Nashir: Empat Bulan Sudah Cukup