alexametrics

Kapal Muat CPO Hilang Kontak, Terakhir di Ujung Karawang

7 Januari 2019, 18:00:31 WIB

JawaPos.com – Sepekan sudah berlayar, Kapal Motor Tanker (MT) Namse Bangdzod bermuatan Crude Palm Oil (CPO) dari Pelabuhan Bagendang Sampit tujuan Tanjung Priok belum diketahui keberadaannya. Pihak terkait menyatakan hilang kontak.

Kapal MT Namse Bangdzod yang berangkat Kamis, 27 Desember 2018 diperkiran sekitar pukul 15.30 WIB tersebut seharusnya diperkirakan tiba di Tanjung Priok Senin 31 Desember 2018. Kapal tersebut membawa 12 orang. Satu nakhoda dan 11 anak buah kapal (ABK).

Kapal dengan nakhoda bernama M Asdar Wijaya itu diperkiran lost contact dengan agen maupun pemilik kapal yaitu pada 1 Januari 2019. Diketahui kapal tersebut berangkat di Pelabuhan Bagendang PT Pelindo Sampit sebelum berlayar menuju Tanjung Priok.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli (KBPP) Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Baslan Damang membenarkan adanya kabar tersebut. Berdasar informasi yang diterimanya, kapal tersebut lost contact Selasa (1/1).

“Terkait kapal MT Namse Bangdzod, kapal tersebut pada 27 Desember 2018 dari Sampit tujuan Tanjung Priok dan diperkirakan pada 30 sampai 31 Desember sudah tiba di Tanjung Priok, namun sampai hari ini kapal tersebut hilang kontak,” ucap Baslan sebagaimana diberitakan Kalteng Pos (Jawa Pos Group), Senin (7/1).

Sebelumnya diketahui posisi terakhir keberadaan kapal tersebut terekam di daerah perairan ujung Karawang arah Tanjung Priok. Sementara itu dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, melalui Direktorat KPLP, Badan Sar Nasional (Basarnas) dan KSOP Sampit terus berupaya untuk melakukan pencarian dan tetap monitor terhadap keberadaan kapal tersebut.

Ia juga menjelaskan masih belum bisa memperkirakan penyebab kapal hilang kontak, namun pihaknya juga terus berupaya untuk berkoordinasi terus. Mereka juga telah menyampaikan di stasiun radio pantai, agar kapal lain yang berlayar di perairan tersebut memberi kabar jika mengatahui keberadaan Kapal MT Namse Bangdzod.
Selian itu informasi yang diterima bahwa upaya pencarian juga telah dilakukan yaitu sebagian tim menyisir dari Muara Angke sampai dengan area labuh jangkar buoy barat tidak ditemukan keberadaan kapal tersebut.

Sedangkan pencarian juga dilakukan dengan menyisir dari Tanjung Kerawang Bekasi sampai dengan Marunda sampai dengan buoy timur area labuh jangkar pelabuhan Tanjung Priok. Hasilnya pun nihil. “Biasanya dilakukan upaya komunikasi, tetapi saat ini saya masih belum dapat informasi lebih lanjut lagi terkait prrkembangan selanjutkan setelah terekam dari Ujung Karawang tersebut,” tandasnya.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : jpg



Close Ads
Kapal Muat CPO Hilang Kontak, Terakhir di Ujung Karawang