alexametrics

Gangguan Teknis, Pesawat Rute Denpasar-Dili Mendarat Darurat

7 Januari 2019, 23:51:59 WIB

JawaPos.com – Pesawat Sriwijaya Air tujuan Denpasar-Dili mengalami gangguan teknis saat mengudara, Senin (7/1). Pesawat jenis Boeing 738 dengan nomor registrasi PK CLT SJY270 itu, akhirnya dialihkan untuk mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin (Sulhas) Makassar.

General Manager Airnav Indonesia Cabang Utama Makassar, Novy Pantaryanto mengatakan, pesawat sebelumnya terbang dari Bandara Internasional I Ngurah Rai, Denpasar pada pukul 10.43 WITA.

Pesawat itu, rencananya akan menuju ke Bandara Presidente Nicolau Lobato International Airport, Dili, Timor Leste. Namun, dalam perjalanan tepat pukul 12.50 WITA, tiba-tiba pilot berkoordinasi dengan ACT di Makassar untuk meminta pendaratan darurat di Bandara Sulhas.

“Pilot meminta pendaratan ke bandara alternatif di Hasanuddin dengan pertimbangan bandara terdekat dan yang paling cocok untuk pesawat tersebut,” kata Novy, saat memberikan keterangan kepada awak media, Senin (7/1) malam.

Pilot kata Novy, tak merinci kendala teknis apa saja yang dialami pesawat yang membawa ratusan penumpang ini. Sesuai prosedur, lanjut Novy, ATC meminta konfirmasi apakah pilot membutuhkan bantuan untuk pendaratan.

Berdasarkan pertimbangan kondisi pesawat, pilot menyatakan tidak memerlukan bantuan. “Pesawat mendarat dengan normal runway bandara secara normal pada pukul 13.52 WITA,” lanjut Novy.

Usai mendarat, pesawat langsung diperiksa oleh tim teknisi. Seluruh penumpang rute Denpasar-Dili sempat diungsikan sebelum diberangkatkan dengan pesawat lain agar bisa terbang kembali. “Pesawat diganti, sehingga penumpang sudah diterbangkan ke Dili dengan pesawat berbeda,” tambah Novy.

Sementara itu, pesawat SJY270 lanjut Novy, hingga saat ini masih bertahan di Bandara Sulhas Makassa untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Sahrul Ramadan



Close Ads
Gangguan Teknis, Pesawat Rute Denpasar-Dili Mendarat Darurat