alexametrics

Sopir Truk Penabrak Mobil N.H Dini Resmi Tersangka

6 Desember 2018, 17:10:07 WIB

JawaPos.com – Gilang Septian, 28, sopir truk penabrak mobil yang ditumpangi novelis N.H. Dini telah ditetapkan sebagai tersangka. Warga Magelang itu dinilai lalai sehingga menyebabkan truk mengalami kelebihan muatan.

“(Gilang) sudah ditetapkan tersangka, hari ini sudah saya tandatangani surat perintah penahanan. Sudah ditahan,” jelas Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi saat dihubungi, Kamis (6/12).

Menurut Ardi, Septian sebagai pengemudi dianggap telah lalai dalam menganalisa kemungkinan risiko terhadap barang yang diangkut truknya. Ia seharusnya mengetahui kapasitas muat yang diizinkan adalah 5 ton.

“Tapi dia mengangkut di 7.500 kilogram (7,5 ton). Jadi ada overload 50 persen. Ini merupakan salah satu bentuk kelalaian,” tegas Ardi.

Ditambah lagi, pada saat pemeriksaan awal kepada tersangka, yang bersangkutan mengaku tak ada perintah dari siapapun untuk menaikkan muatan dengan berat sebanyak itu. Dalam hal ini pemilik truk atau pihak pengirim barang.

“Namun demikian, tak menutup kemungkinan ada pengembangan (untuk potensi) tersangka yang lain. Kaitannya dengan pemilik kendaraan. Kita juga akan melakukan pengecekan terhadap jadwal berkala pemeliharaan kendaraan,” terangnya panjang.

Penetapan sang pengemudi menjadi tersangka, selain berdasarkan pemeriksaan langsung terhadap yang bersangkutan juga dilakukan kepada kernet truk sebagai saksi. Ditambah hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kejadian, Rabu (5/12) kemarin.

Akibat perbuatannya, tersangka diancam dengan Undang-undang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 310 Ayat 4. Dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun dan/atau denda maksimal Rp 12 juta.

Sebelumnya, sebuah kecelakaan lalu lintas terjadi di ruas Tol Tembalang Km 10 antara sebuah truk angkutan bernopol AD 1536 JU dan Toyota Avanza bernomor H 1362 GG pada Selasa (4/12). Truk yang dikemudikan Gilang Septian, 28, warga Magelang, diketahui tengah mengangkut muatan bawang putih saat itu.

Kecelakaan terjadi lantaran truk diduga mengalami kelebihan muatan dan tak kuat menanjak di ruas Tol Tembalang Km 10. Sehingga truk bergerak mundur dan menghantam mobil jenis Toyota Avanza yang berada di belakangnya.

Belakangan, diketahui bawah salah satu penumpang tersebut adalah sastrawan Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin atau N.H. Dini. Ia yang menderita luka pada bagian kepala dan kaki pasca kecelakaan langsung dilarikan ke RS Elisabeth. Namun sayang, ia tak terselamatkan dan dinyatakan meninggal dunia pada Selasa (4/12) pukul 16.50 WIB.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)



Close Ads
Sopir Truk Penabrak Mobil N.H Dini Resmi Tersangka