alexametrics

Kak Seto: Saya Salut, Anak-anak Korban Gempa Cepat Bangkit

6 Oktober 2018, 16:22:14 WIB

JawaPos.com- Psikolog anak Seto Mulyadi takjub dengan kondisi anak-anak korban gempa dan tsunami Sulawesi Tengah (Sulteng). Hal itu dirasakannya saat melakukan trauma healing di lokasi pengungsian.

“Yang saya salut, tadi ada anak yang dikasih tahu bahwa bapak ibunya itu hilang. Tapi bisa cepat bangkit dan semangat lagi. Ada satu anak lagi yang terombang-ambing waktu tsunami tapi juga cepat sekali bangkitnya,” ujar lelaki yang akrab disapa Kak Seto itu, Sabtu (6/10). 

Gempa dan tsunami yang melanda Sulteng itu banyak menyebabkan anak-anak kehilangan orang tuanya. Melihat situasi seperti itu, Kak Seto menganggap anak-anak tersebut harus segera dipulihkan agar tidak trauma.

“Mereka ini tegar, mereka kuat, cepat sekali bangkitnya. Mungkin budaya atau kulturnya. Tapi kalau dibiarkan merana, tidak ada pendekatannya, anak bisa jadi agresif, tidak percaya diri, kurang konsentrasi dan sebagainya,” paparnya.

Kak Seto menyerukan agar anak-anak yang menjadi korban ini tetap mendapat proses pemulihan mental dan trauma. Kak Seto menyarankan, di tenda-tenda tempat anak-anak itu mengungsi disediakan sarana bermain sederhana dan kelengkapan belajar. 

Ketersedian itu akan menunjang dan sangat membantu proses pemulihan kondisi anak-anak ini sebagaimana anak-anak pada umumnya. “Segera di bangun sekolah darurat. Paling tidak ditenda-tenda supaya kondisi belajar sambil bermain itu kembali,” pungkasnya. 

Editor : Dida Tenola

Reporter : (rul/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Kak Seto: Saya Salut, Anak-anak Korban Gempa Cepat Bangkit