alexametrics

Sektor Wisata Jawa Timur di Wilayah Level 2 Bisa Buka

6 September 2021, 17:02:23 WIB

JawaPos.com–Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak memastikan, sektor wisata di kabupaten/kota yang kondisi Covid-19 telah masuk level 2 bisa kembali dibuka.

”Alhamdulillah sudah terdapat beberapa wilayah yang masuk level 2. Sektor wisata sudah bisa dibuka. Tapi hanya level 2 saja,” tutur Emil pada Senin (6/9).

Terdapat 12 wilayah yang telah masuk level 2. Yakni Sumenep, Sampang, Pamekasan, Bangkalan, dan Tuban. Lalu, Probolinggo, Pasuruan, Bondowoso, Kota Pasuruan, Gresik, Sidoarjo, dan Kota Surabaya.

Di daerah level 3, lanjut Emil, sektor wisata masih belum dibuka. Kondisi Covid-19 masih harus digenjot untuk menurunkan level.

”Kemarin Malang Raya yang masih level 3. Beda dengan Surabaya Raya. Nah itu yang harus diturunkan lagi,” beber Emil.

Terdapat 22 wilayah kabupaten/kota Jawa Timur yang masuk level 3. Yakni Tulungagung, Trenggalek, Situbondo, Pacitan, Ngawi, Nganjuk, Mojokerto, Malang, Madiun, Lumajang, dan Lamongan. Lalu Kota Probolinggo, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Batu, Kediri, Jombang, Jember, Bojonegoro, Banyuwangi, dan Kota Malang.

Wagub Emil bersyukur dengan turunnya level di Jatim. Sebab, sektor pariwisata bisa dibuka kembali.

Emil juga mencatat okupansi hotel mulai meningkat. ”Kemarin okupansi cukup naik ya. Jadi dengan turun ke level 2 ini, sektor pariwisata bisa dibuka dan bisnis pariwisata maupun hotel diharapkan meningkat,” ujar Emil.

Salah satu hotel dengan peningkatan okupansi yang cukup drastis adalah The Alana. Pada Juli, okupansi kamar hanya berkisar pada 20 persen atau 30–40 kamar yang terisi.

Closing Agustus ini 49 persen okupansi. Jadi sekitar 80–100 kamar dari total 162 kamar,” beber Ika Florentina, General Manager the Alana.

Pada awal September, okupansi kamar meningkat hingga 55 persen. Sehingga ada 89–130 kamar. ”Untuk meeting room sudah mulai terpakai sejak 9 Agustus. Wedding dan akad sudah mulai meningkat,” terang Ika.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: