JawaPos Radar

Tangis Haru Hiasi Pelepasan Iwan Bule di Gedung Sate

06/09/2018, 15:05 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Tangis Haru Hiasi Pelepasan Iwan Bule di Gedung Sate
Tangis haru hiasi prosesi pedang pora pelepasan Iwan Bule di Gedung Sate, Bandung. (Siti Fatonah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Acara pelepasan Mochamad Iriawan dilakukan dengan prosesi pedang pora di halaman Gedung Sate, Bandung, Kamis (6/9). Tangis haru pun menggiri pelepasan akhir masa jabatan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat.

Usai menyambut Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, pukul 09.10 WIB Iwan Bule sapaan Iriawan dilepas dengan prosesi pedang pora. Pukul 13.30 WIB, Gubernur beserta istri Atalia Ridwan Kamil mengatarkan Iwan Bule dan istri menuju gerbang Gedung Sate.

Terlihat, Iwan Bule senyum kepada para aparatur sipil negara (ASN) Jabar yang sudah berbaris mengikuti petugas prosesi pedang pora. Namun seketika, suasana berubah haru saat Iwan Bule mengacungkan kujang dan hormat terakhir kepada seluruh warga Jabar di Gedung Sate.

Tangis Haru Hiasi Pelepasan Iwan Bule di Gedung Sate
Pisah sambut Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, dilakukan dengan prosesi pedang pora. (Siti Fatonah/JawaPos.com)

Semua ASN menyalami, merangkul, dan membisikan ucapan terima kasih dan selamat bertugas di tempat baru. Hal itu pun mengundang tangis haru. Tak sedikit para ASN menguraikan air mata yang terus diiringi lagu selamat jalan dan puisi yang begitu menyentuh hati. "Terimakasih pak, selamat bertugas di tempat yang baru," kata salah satu PSN.

Walaupun senyum, namun Iwan Bule terlihat merasakan kesedihan dan menahan tangis. Mata memerah pun menjadi pandangan terakhir sebelum bertugas ke tempat barunya.

Hingga di dekat mobil dinas jenderal berbintang tiga itu, para ASN dan kerabat dekat terus merangkul Iwan Bule. Hingga masuk ke dalam mobil, masyarakat masih terus menggenggam tangan, dan diakhiri dengan lambaian tangan selamat tinggal dari Iwan Bule untuk masyarakat Jawa Barat.

Usai mobil bergerak menjauhi Gedung Sate, semua yang menyaksikan prosesi pun masih terus menguraikan air mata. Sedangkan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum langsung menuju gedung DPRD Provinsi Jawa Barat.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up