JawaPos Radar

Jadi Tuan Rumah Asian Para Games, Jakarta Belum Ramah Disabilitas

06/09/2018, 06:10 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Jadi Tuan Rumah Asian Para Games, Jakarta Belum Ramah Disabilitas
Pemasangan paving block terkesan asal-asalan. (Dok. RMOL.co/Jawa Pos Group)
Share this image

JawaPos.com - Setelah gelaran Asian Games, Jakarta akan kembali jadi tuan rumah Asian Para Games pada Oktober. Bebeda dengan ajang sebelumnya pada Asian Para Games ini diikuti oleh atlet penyandang disabilitas.

Pengamat Perkotaan dari Universitas Trisakti Nirwono Yoga menilai sebagai tuan rumah Jakarta belum ramah disabilitas. Berbagai fasilitas yang ada dianggap masih minim dan ala kadarnya. Masih perlu perbaikan fasilitas diberbagai sektor.

"Jadi tuan rumah Asian Para Games tapi Jakarta belum ramah disabilitas," kata Nirwono saat Bedah Buku Membangun Peradaban Kota, di Gedung SDA Kementerian PUPR, Rabu (5/9).

Dia mencontohkan fasilitas Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) belum ada satu pun yang ramah dengan pengguna kursi roda. Mayoritas JPO yang ada masih menggunakan tangga. Sehingga pengguna kursi roda tidak mungkin bisa mengaksesnya.

"Kalau mau naik Transjakarta tanpa bantuan orang lain pengguna kursi roda itu tidak bisa, di JPO ada turunan dan tanjakan, kemudian saat mau tap orangnya harus diangkat dan kursinya dilipat, belum lagi saat mau masuk ke bus," ujarnya.

Fasilitas lainnya yang menjadi sorotan yakni paving block atau yelow line. Pemasangannya dinilai asal-asalan dan tidak memikirkan bagi penggunanya. Dirinya menyebut paving block hanya hiasan trotoar.

Nirwono berharap dalam jangka waktu satu bulan ke depan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak hanya menyiapkan untuk pelaksanaan Asian Para Games, tetap juga berbagai fasilitas bagi disabilitas.

"Lihat saja paving block itu cuma hiasan, ada yang nabrak tiang, ada yang arahnya masuk ke got," ucap dia.

Seperti dikathui kejuaraan multi events ini akan diadakan di Jakarta, dari 6-13 Oktober 2018 mendatang. Nantinya, sebanyak 41 negara akan menurunkan atlet-atlet terbaik untuk memperebutkan medali emas dari 18 cabang olahraga. Kegiatan tersebut bakal diadakan di 19 tempat berbeda.

(ern/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up